Contoh Simpulan Isi Teks Persuasi

0
1346

Simpulan adalah rumusan akhir tentang sesuatu (misalnya, teks). Simpulan disusun berdasarkan  pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu. Karena isi teks persuasi berkenaan dengan ajakan, kesimpulan untuk tersebut tidak jauh dari jawaban atas pertanyaan “Mengajak apa teks persuasi itu?”

Sebagai contoh, perhatikan kembali cuplikan teks berikut!

Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun  kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

Teks tersebut berisi bujukan kepada para pembaca untuk membiasakan pola makan sehat dan seimbang. Kita bisa membuat simpulan tentang cuplikan teks tersebut yakni bahwa agar kita tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.

Berikut contoh teks lainnya.

Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di  Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Simpulan untuk cuplikan teks tersebut adalah kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan

Untuk menyusun sebuah simpulan, kita perlu memperhatikan langkah-langkah sistematis berikut:

  1. Membaca keseluruhan isi teks.
  2. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks itu.
  3. Memahami hubungan logis antarbagian penting teks itu.
  4. Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas.

Ketika kita membaca keseluruhan teks, carilah gagasan umum teks tersebut. Kemudian mencatat bagian-bagian penting. Bagian ini biasanya terdapat di awal paragraf atau di akhir paragraf. Kadang-kadang bisa juga terdapat di bagian awal, tengah, dan akhir paragraf.

Bagian-bagian penting yang telah kita catat tersebut, tentu memiliki hubungan logis yang harus kita pahami. Hubungan tersebut umumnya berupa hubungan kualitas. Barulah setelah langkah-langkah di atas dilakukan, kita merumuskan kalimat simpulan secara ringkas dan jelas.

Latihan soal.

  1. Apa yang dimaksud dengan simpulan?
  2. Bagaimana cara merumuskan kesimpulan untuk teks persuasi?
  3. Apa simpulanmu tentang isi dari cuplikan-cuplikan teks di bawah ini?

Teks 1

Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di  dalamnya. Salah satu hikmahnya adalah semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

Teks 2

Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Cuma, kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati sekali dan ekstra waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.

4.   Apa fakta penting yang dinyatakan dalam teks pertama?

5.   Apa pendapat penting yang dinyatakan dalam teks kedua?

Materi tersebut sebagai materi pembelajaran yang dirumuskan dalam pokok-pokok materi RPP kelas VIII dengan Buku sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII Edisi Revisi 2017.

Semoga ada manfaatnya.

.

««««« berbahasa «««««                       ««««« kebahasaan «««««

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here