Pencerahan dalam Melengkapi Kebutuhan

0
444

Nabi Muhammad ﷺ telah memberikan pencerahan kepada manusia dalam meningkatkan dan melengkapi kebutuhan manusia agar menjadi lebih sempurna dan bukan membatasi potensi manusia dalam tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini.

Ajarannya berisi jalan atau cara mencapai kehidupan yang lebih baik, dunia dan akhirat. Ajaran yang dibawa oleh Rasulullah ﷺ berupa ajaran yang menjawab kebahagiaan seluruh umat manusia, jauh dari kesusahan dan menuntunnya ke puncak kesempurnaan yang hakiki.

Allah SWT berfirman,

طه -١- مَا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَى -٢- إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَن يَخْشَى -٣- تَنزِيلاً مِّمَّنْ خَلَقَ الْأَرْضَ وَالسَّمَاوَاتِ الْعُلَى -٤

“Thaahaa . Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah; tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut , yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi.” (Q.S. Thaahaa : 1-4)

Di ayat lain, Allah berfirman,

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ فَإِنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”  (Q.S. Al-Maidah : 3)

Al Quran telah meletakkan dasar-dasar atau pokok-pokok ajaran yang abadi dan permanen bagi kehidupan manusia yang selalu dinamis. Membacanya akan mendatangkan keuntungan besar bagi masa depan kita. sebagaimana shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu berkata, “Saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)

Al-Qur’an surat Shad : 29 menjelaskan, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka mentadabburi (memperhatikan) ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.”

Ayat-ayat lain dapat di klik pada daftar di bawah ini.

Cara Permulaan Turunnya Wahyu

Ayat yang Menjelaskan Tentang Wahyu

Satu Kelompok di Bawah Allah (Agama Tauhid)

Perihal Islam, Iman, dan Kesempurnaannya

Kewajiban Menjaga Agama (Keislamannya)

Iman Mempunyai Tujuh Puluh Cabang

Sekte-sekte dan Perintah Harus Bersatu

Jadilah Umat Pertengahan yang Adil

Sesungguhnya Agama Itu Mudah

Dipakai Tetapi Bukan Sebagai Tradisi

Mencabut Peraturan yang Sudah Tradisi

Perbedaan Pendapat dalam Urusan Agama

Tidak Membuat Hukum yang Tidak Dikatakan-Nya

Agama Bukanlah Permainan dan Senda Gurau

Rugilah Karena kebodohan dan Ketidaktahuan

Tidak Membebani Melainkan Sesuai dengan Kesanggupannya

Tidak Dibebankan dengan Beban Orang Lain

Jalan Menuju Kebahagiaan Dibuat Mudah

Ujian di Hari Sabtu, Jadilah Mereka Kera

Tidaklah Dibinasakan Kota-kota Secara Aniaya

Berseri-seri, Tertawa, dan Bergembira Ria

Belajar Sejarah dari Kisah Hercules

Mempelajari Melalui Ramalan Adalah Dilarang

.

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

 رَبَّنَا آتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

والْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here