Dari-Nyalah Keharmonisan Alam Berpadu

0
418

Segala puji bagi Allah rabb semesta alam yang telah memberikan kepada kita anggota tubuh untuk bergerak dan akal untuk berpikir. Kepada-Nyalah seluruh makhluk bertumpu dan mengadu. Dari-Nyalah keharmonisan alam berpadu, sehingga mengulunlah kasih dan sayang dengan penuh syahdu. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang karenanya ia diutus untuk menebarkan kasih sayang ke seluruh alam.

Semoga kita termasuk orang yang senantiasa berjalan seiring dengan ajaran Al-Qur’an dan As-sunah ke manapun kita mengarah. Yang menjadikan hati kita ini hati yang hidup, hati yang sehat, hati yang selamat. Hati yang penuh ketundukan terhadap kebenaran.

Karena kita tahu, setiap benih yang kita tabur, setiap perbuatan yang kita lakukan, dan setiap kata yang diucapkan, kelak akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Yang Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengetahui, dan Maha Teliti terhadap segala perbuatan hamba-Nya.

Allah Ta’ala berfirman,

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيد

“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaf : 18)

Hari pertanggungjawaban amal itu begitu berat. Allah Subhaanahu wa Ta’ala menjelaskan, “Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” (Q.S. An Nuur: 24)

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan bersaksilah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (Q.S. Yaasin: 65)

“Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allah digiring ke dalam neraka, lalu mereka dikumpulkan semuanya. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. Dan mereka berkata kepada kulit mereka, “Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?” kulit mereka menjawab: “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan Kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan”. (Q.S. Fusshilat : 19 – 21)

Dan diletakkanlah Kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata, “Aduhai celaka Kami, kitab Apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). dan Tuhanmu tidak Menganiaya seorang juapun”. (Q.S. Al Kahfii : 49)

Untuk melanjutkan tadarus, dapat di klik pada daftar berikut.

 

Tipu Daya Dunia dan Keragamannya

Meminta Perlindungan kepada Jin

Dari Golongan Jin dan Manusia

Jin Ada yang Ta’at, Ada Pula yang Menyimpang

Syaitan, Teman yang Seburuk-buruknya

Kesombongan Iblis di Hadapan Tuhannya

Penjelasan Al-Qur’an Tentang Orang Munafik

Sumpah yang Dijadikan Sebagai Alat Penipu

Tentang Kaum Munafikin

Sikap Orang Munafik Terhadap Nabinya

Sumpah-sumpah Palsu Para Pendusta

Petunjuk dalam Menyikapi Orang-orang Munafik

Sesungguhnya Orang Munafik Itu Menipu Allah

Ancaman dan Siksa Bagi Orang Munafik

Allah Akan Membalas Tipuan Mereka

Sifat Orang yang Murtad dari Agamanya

Tidak Ada Ampunan Bagi yang Keluar Agamanya

Laknat Allah Bagi Mereka yang Berpaling dari Iman

Ayat yang Menjelaskan Ahlal Kitab

.

Mudah-mudaha Al-Qur’an yang dibaca, kelak akan menjadi pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya. Dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu, Saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)

القرآن حجة لك أو عليك

“Al-Qur`an itu bisa menjadi hujjah yang membelamu atau sebaliknya menjadi hujjah yang membantahmu.” (HR. Muslim)

رَبَّنَا آتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

والْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here