Unsur-unsur Menarik Lainnya dalam Buku

0
2006

Kecilnyaaku.com: Materi pembelajaran kali ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya dalam menelaah unsur-unsur penting buku fiksi dan nonfiksi. Dan pembelajaran kali ini yaitu tentang unsur-unsur menarik lainnya dalam buku fiksi.

Kita awali dengan pertanyaan, apa yang menyebabkan seseorang tertarik untuk membaca?

Ketertarikan seseorang untuk membaca pasti disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya:

  • adanya sesuatu yang bermanfaat dalam  bacaan  itu
  • sesuai dengan dunia atau kebutuhannya
  • untuk mendapatkan informasi
  • untuk memperoleh hiburan
  • untuk memperoleh pengalaman-pengalaman hidup

Ketertarikan seseorang untuk membaca pasti disebabkan oleh adanya sesuatu yang bermanfaat  dalam  bacaan  itu,  Misalnya,  seorang  petani  akan  membaca  buku tentang cara pengelolaan lahan pertanian yang efektif. Hal itu dilakukannya karena bacaan itu dianggapnya bermanfaat bagi dirinya sebagai seorang petani.

Berbeda  lagi  kalau  pembacanya  itu  seorang  pelajar,  ia  akan  lebih  tertarik  pada  buku-buku  yang  berkenaan  dengan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  ataupun  berita-cerita  yang  terkait  dengan  lomba  karya  ilmiah  remaja.  Bacaan-bacaan  seperti itu dianggapnya menarik karena sesuai dengan dunia atau kebutuhannya.

Daya  tarik  seperti  itu  juga  dimiliki  oleh  karya-karya  fiksi,  seperti  antologi  puisi, cerita pendek, atau novel. Tentu saja faktor penyebabnya tidak sama dengan bacaan  yang  berupa  karya  nonfiksi.  Seseorang  membaca  cerpen  bukan  untuk  mendapatkan  informasi.

Pada  umumnya  seseorang  membaca  cerpen  untuk  memperoleh  hiburan  ataupun  pengalaman-pengalaman  hidup.

Daya hibur sebuah cerpen bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya:

  • Unsur tema yang unik dan menarik
  • Terpesona oleh penyajian   latar   atau   gaya   bercerita   pengarang   yang   memukau   dan  menghanyutkan
  • Unsur penokohan yang menimbulkan kesan tersendiri sehingga terkagum-kagum oleh sifat seorang tokoh yang ada di dalamnya
  • Amanatnya yang menyentuh relung hati
  • Alurnya yang  surprise dan penuh kejutan
  • Konflik cerita itu yang menegangkan
  • Pilihan kata  yang  digunakan  pengarang

Perhatikan cuplikan cerita berikut!

Apakah cinta pantas dikenang?Apakah   cinta   dibangun   demi memberikan  rasa  kehilangan?  Pertanyaan  itu  mengganggu  pikiranku. Mengganggu perasaanku.

Sepulang  dari  pemakaman  seorang  tetangga  yang  mati  muda,  aku  lebih  banyak  berpikir  ketimbang  bicara.  Iring-iringan  pelayat  lambat  laun menyurut. Satu per satu menghilang ke dalam gang rumah masing-masing.   Seakan-akan   turut   mencerai-beraikan   jiwaku.   Kesedihan mendalam pada keluarga yang ditinggalkan, tentu akibat mereka saling mencintai. Andai tak ada cinta di antara mereka, bisa jadi pemakaman ini seperti pekerjaan sepele yang lain, seperti: mengganti tabung dispenser, menyapu daun kering di halaman, atau menyobek kertas tagihan telepon yang kedaluwarsa.

Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah. Tak ingin menulis surat atau meneleponmu. Tidak memberimu bunga   saat   ulang   tahun.   Tidak   memandang   matamu,   menyentuh   tanganmu,dan sesekali mencium. (Cerpen “Hari Terakhir Mencintaimu”, karya Kurnia Effendi).

Daya  tarik  cuplikan  cerita  tersebut  tampak  pada  temanya,  yakni  tentang  ….

cinta

Bagi  orang  yang  sedang  mengalami  perasaan  seperti  itu,  tema  ini  sangat  menarik.

Selain  itu,  cuplikan  tersebut  punya  daya  tarik  dalam  kata-katanya  yang  puitis. Misalnya,  pada  kata-kata  Seandainya  aku  tidak  mencitaimu,  tidak  akan  terbit  rindu sekatu berpisah.

Perhatikan pula cuplikan cerita berikut!

Deg! Jantung Leya bagai bergenti berdetak, beberapa saat. Kemudianberdebur keras, menyesakkan napasnya. Tubuhnya tegak kaku di bangkunyaCuma matanya berputar cepat, memandang ketiga orang yang duduk di sekitarnya dengan perasaan campur aduk: cemas, gelisah, juga penasaran.

Sejenak muncul keraguan di hatinya, tak percaya pada apa yang ditulisgadis itu. Tapi sikap gadis itu, ketakutan yang terpancar jelas di wajah dan matanya, menghapus keraguan Leya. Ia yakin, sangat yakin, gadis itu benarbenar dalam bahaya. Tapi bahaya apa? Dan, apa dia mau menolong? Dan—Leya menundukkan kepalanya, berpura-pura membaca, lalu berusaha menenangkan perasaannya dengan menarik napas dalam-dalam dan mencoba memikirkan bagaimana ia harus bersikap. Seluruh kegembiraannya liburan ini, lenyap sudah.

Ketenangannya betul-betul terganggu.

(Cerpen ”Detik-detik Perjalanan” oleh Dea F. dalam www.ceritaku.com)

Cuplikan   cerpen   di   atas   memiliki   daya   tarik   pada   cara   pengarang   mendeskripsikan  perasaan  dan  keadaan  tokohnya.  Pengarang  begitu  cermat  sehingga pembaca mendapatkan gambaran yang sejelas-jelasnya tentang suasana hati tokoh Leya.

Selain  dalam  cara  bercerita,  banyak  hal  yang  dapat  menyebabkan  suatu  cerpen menjadi menarik. Daya tarik itu mungkin disebabkan oleh temanya yang unik,  alurnya  yang  mengejutkan,  atau  konfliknya  yang  menegangkan.  Apabila  bacaan itu berupa buku secara utuh, daya tariknya itu mungkin pula pada ilustrasi gambar  atau  jilid  bukunya.  Dengan  daya-daya  tarik  itulah  yang  menyebabkan  pembaca mau menikmati suatu bacaan hingga tuntas.

Kegiatan 9.7

  • Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik!
  • Catatlah hal-hal  menarik  dari  cerpen  di  bawah  ini,  yakni  berkenaan  dengan unsur-unsur di bawah ini. Kerjakan bersama kelompokmu!

Unsur Cerita

Daya Tarik

a. Tema

b. Alur

c. Penokohan

d. Setting

e. Gaya Bahasa

  • Secara bergiliran, laporkanlah hasilnya di depan kelompok lainnya untuk mereka nilai dengan menggunakan rubrik seperti berikut!

Aspek

Nilai (1-4)

Keterangan

a. Kesesuaian jawaban dengan isi cerita

b. Kelengkapan unsur-unsur jawaban

c. Kejelasan pemaparan jawaban

d. Kebakuan ejaan/tanda baca

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Salam literasi.

Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII Edisi Revisi 2017.

.

««««« berliterasi «««««                        ««««« bersastra «««««

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here