RPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 2.3.4

0
399

Berikut ini contoh RPP Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017: 2.3.4 Tema 2: Kegemaranku. Subtema 3: Gemar Menggambar. Pembelajaran 4.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMATIK TERPADU

(RPP 2.3.4)

Sekolah                       :  SDN Cikaro 1

Kelas/Semester            :  I/1 (Satu)

Tema                           :  2. Kegemaranku

Subtema                      :  2.3 Gemar Menggambar

Pembelajaran               :  4 (Empat)

Alokasi Waktu            :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.   Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

 Bahasa Indonesia

3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.

4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.

· •     menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis dengan benar

· •     mendemonstrasikan pencahayaan saat menulis dengan tepat

PJOK

3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

· •     menjelaskan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional dengan lebih baik

· •     mempraktikkan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional dengan gembira

SBdP

3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.

4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.

· •     mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi dengan benar

· •     mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya cetak dua dimensi dengan runtut

· •     menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi dengan mandiri

· •     membuat karya cetak dua dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema, objek yang telah ditentukan dengan rapi.

C.   Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional dengan lebih baik.
  2. Dengan permainan menarik sambil duduk terlunjur, siswa mampu mempraktikkan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional dengan gembira.
  3. Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis dengan benar.
  4. Dengan kegiatan mencetak jari, siswa mampu mendemonstrasikan pencahayaan saat menulis dengan tepat.
  5. Dengan diskusi bersama, siswa mampu mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi dengan benar.
  6. Dengan bertanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya cetak dua dimensi dengan runtut.
  7. Dengan arahan guru, siswa mampu menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi dengan mandiri.
  8. Dengan kegiatan mewarnai gambar melalui teknik mencetak, siswa mampu membuat karya cetak dua dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema, objek yang telah ditentukan dengan rapi.

D.   Materi Pembelajaran

  • Prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
  • Gambar posisi cahaya yang benar saat menulis
  • Pencahayaan saat menulis
  • Cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi
  • Langkah-langkah membuat karya cetak dua dimensi
  • Alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi
  • Bermain sambil berolahraga
  • Posisi duduk yang tepat
  • Mencetak
  • Merarnai hasil cetakan jari
  • Gambar Kolase

E.   Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Penugasan
  • Demonstrasi
  • Permainan
  • Latihan

F.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan Pembuka
  • Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar
  • Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
  • Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
  • Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
  • Guru membawa siswa ke halaman sekolah/lapangan olahraga.

  1. Kegiatan Inti
  • Guru menyiapkan siswa untuk berlatih gerak menarik tanpa berpindah tempat seperti yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
  • Guru meminta 2 orang siswa maju. Mereka diminta memeragakan kembali gerakan sebagai pengingat bagi siswa lain.
  • Guru mengajak siswa untuk bermain tarik menarik sambil duduk terlunjur. Caranya adalah sebagai berikut.

» Bagi siswa secara berpasangan. Siswa putra dengan putra. Siswa putrid dengan putri.

» Minta siswa duduk di halaman/lapangan dengan pasangannya.

» Duduk berhadap-hadapan sambil menjulurkan kaki.

» Kedua telapak kaki siswa saling bertemu.

» Rentangkan tangan ke depan saling memegang.

» Siswa mengambil posisi siap melakukan gerakan menarik.

» Setelah aba-aba satu, dua, tiga masing-masing pasangan saling menarik.

» Lakukan gerakan menarik sekuat tenaga.

» Pasangan yang berhasil berdiri duluan, akan keluar menjadi pemenang.

Lakukan permainan ini dengan menukar pasangan siswa.

Lakukan beberapa kali hingga siswa mahir.

Lakukan permainan ini dengan riang gembira. Guru bisa memotivasi siswa dengan memberikan perintah, “Tarik”, “Tarik”, “Semangat.”

  • Usai permainan, siswa duduk melingkar dan bertanya jawab dengan guru tentang kegiatan yang baru saja mereka lakukan.
  • Dengan bantuan guru siswa menyimpulkan bahwa mereka melakukan permainan untuk membantu teman berdiri sambil menarik. Membantu teman merupakan perbuatan mulia.
  • Siswa kembali ke kelas dan melanjutkan kegiatan dengan diskusi tentang pentingnya tubuh yang sehat dan menjaga kesehatan. Salah satunya duduk dengan posisi yang benar saat akan menggambar dan menulis.
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang sikap yang baik saat menggambar.
  • Siswa mempraktikkan posisi duduk, memegang pensil, meletakkan buku, dan jarak yang tepat antara mata dan media menggambar.
  • Guru mengingatkan siswa untuk menggambar di tempat yang terang
  • Siswa mempraktikkan kembali kegiatan persiapan menulis dengan memperhatikan posisi cahaya yang benar.
  • Siswa melakukan kegiatan mencetak kelima jarinya di Buku Siswa dengan benar.
  • Selain mencetak dengan jari, guru mengenalkan teknik mencetak menggunakan obyek lain.
  • Siswa bertanya jawab tentang teknik mencetak objek menjadi sebuah gambar.
  • Siswa mengambil kertas gambar dan peralatan menggambarnya.
  • Siswa memilih objek yang akan dicetak di atas kertas gambar.
  • Siswa dapat memilih mewarnai gambar dengan teknik kolase ataupun melukisnya dengan jari.
  • Siswa membasahi ujung jarinya dengan cat air lalu mengaplikasikannya di atas kertas gambar. Setiap jari mewakili satu warna agar warna tak tercampur. Beberapa kali siswa menyelupkan jarinya ke dalam cat air dan mengaplikasikannya pada gambar yang telah dicetak di atas kertas gambar. Siswa bebas berkreasi menggunakan imajinasinya untuk mewarnai objek gambar. Setelah selesai, kertas dibiarkan terbuka hingga cat mengering dan siswa menyuci tangan hingga bersih.
  • Siswa bertanya jawab bersama guru, lalu menyimpulkan bahwa mereka baru saja menggambar dengan teknik mencetak dan mewarnainya menggunakan jari.
  • Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan mewarnai gambar yang telah mereka cetak dengan teknik kolase.

Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok sambil bermain.

Sebelum memulai permainan, guru membagi siswa ke dalam empat kelompok.

Sambil bertanya jawab, guru menjelaskan bahwa

» Masing-masing kelompok memiliki pos sesuai nama benda yang ada di gambar.

» Di setiap pos terdapat dua titik. Di titik pertama tersedia karton manila dengan gambar sebuah benda yang besar (gambar boleh disesuaikan dengan kesukaan siswa). Karton manila ditempel di papan tulis atau dinding kelas. Pada arah berseberangan (posisi awal masing-masing kelompok) tersedia lem dan sobekan kertas untuk ditempelkan pada gambar yang tersedia.

» Siswa berjalan dari tempat duduk kelompok mengambil sobekan kertas ke tempat gambar untuk menempelkan kertas.

» Guru mengingatkan bahwa gambar tidak boleh melampaui garis, tertutup rapat, dan rapi.

» Sebelum memulai kegiatan beberapa siswa mengulang penjelasan guru.

  • Siswa duduk rapi berkelompok di dekat wadah yang berisi sobekan kertas dan lem berdasar kelompok. Ketika aba-aba tanda mulai dibunyikan, siswa terdepan mengambil sehelai sobekan kertas, membubuhi lem, dan berjalan menuju gambar. Lalu menempelkan sobekan kertas tersebut di atas gambar dan segera kembali ke kelompoknya. Siswa kedua melakukan hal yang sama, bergantian hingga urutan berikutnya.

  1. Kegiatan Penutup
  • Permainan berakhir saat guru membunyikan aba-aba tanda usai. Siswa saling memotivasi anggota kelompoknya.
  • Setelah selesai guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
  • Kegiatan ditutup dengan doa bersama.

G.   Penilaian Pembelajaran

Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan

Penilaian Pengetahuan

Tes lisan gerakan menarik tanpa berpindah tempat.

Penilaian Keterampilan

Kriteria

Baik sekali

(4)

 

Baik

(3)

Cukup

(2)

 

Perlu

Pendampingan

(1)

1. Mempraktikkan gerak menarik tanpa berpindah tempat melalui permainan “Menarik Sambil

Duduk Telunjur”

Melakukan gerakan dengan tepat tanpa intervensi guru Melakukan gerakan dengan tepat namun dengan intervensi minimal Gerakan kurang tepat dan perlu intervensi yang cukup

 

Belum mampu melakukan gerakan dengan tepat

 

2. Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis dengan posisi cahaya yang tepat

 

Kegiatan persiapan menulis dilakukan semua tahap dengan baik tanpa intervensi guru Kegiatan dilakukan semua tahap dengan intervensi guru Kegiatan dilakukan hanya sebagian dan ada intervensi guru Belum mampu melakukan kegiatan dengan tepat
3. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi Alat dan bahan disiapkan tanpa intervensi guru Alat dan bahan disiapkan dengan intervensi minimal Alat dan bahan belum disiapkan dan perlu intervensi

 

Belum mampu menyiapkan alat dan bahan
4. Membuat karya cetak dua dimensi sesuai dengan ide, tema, dan objek yang telah ditentukan Membuat karya cetak sesuai ide, tema, dan objek yang telah ditentukan

 

Membuat karya cetak hanya dengan 2 kriteria

 

Membuat karya cetak hanya dengan 1 kriteria

 

Belum mampu membuat karya cetak

 

Format Penilaian Keterampilan

  1. Mempraktikkan gerak menarik tanpa berpindah
No.

 

Nama Siswa

Melakukan gerakan dengan tepat tanpa intervensi guru

 

Melakukan gerakan dengan tepat namun dengan intervensi minimal

Gerakan kurang tepat dan perlu intervensi yang cukup

 

Belum mampu melakukan gerakan dengan tepat

 

Predikat

 

1 Dayu Sangat Baik
2 Udin Baik
3 Fulan Kurang
4

 

  1. Kegiatan persiapan menulis dengan posisi yang benar
No.

 

Nama Siswa

Posisi duduk dilakukan dengan benar

Cara memegang pensil dilakukan dengan benar

Buku diletakkan dengan jarak mata yang benar

Posisi cahaya benar

Predikat

1 Dayu Sangat Baik
2 Udin Baik
3 Fulan Kurang
4

  1. Kegiatan menyiapkan alat dan bahan untuk mencetak gambar
No.

 

Nama Siswa

Alat yang dibutuhkan bisa disiapkan sendiri

Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa disiapkan sendiri

Memiliki objek gambar yang akan dicetak

Alat dan bahan diletakkan pada tempat yang benar

Predikat

1 Dayu Sangat Baik
2 Udin Baik
3 Fulan Kurang
4

  1. Membuat karya cetak dua dimensi
No.

 

Nama Siswa

Memiliki ide/ gagasan untuk membuat karya

Gambar yang dipilih sesuai dengan tema

Objek yang dipilih dapat dicetak

Belum mampu menyiapkan alat dan bahan

Predikat

1 Dayu Sangat Baik
2 Udin Baik
3 Fulan Kurang
4

H.   Media dan Alat Pembelajaran

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku siswa SD/MI Kegemaranku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Halaman 129-137
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I. Kegemaranku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Halaman 99-105.
  • Cat air aneka warna
  • Jari tangan
  • Tali tambang
  • Sobekan kertas aneka warna
Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 ………………………………

NIP. …………………………

  Bandung,       Juli  2017

Guru Mata Pelajaran

 

 

Ii Syamsul Farid, S.Pd.

NIP. 19680514 199301 1 001

 

Buka RPP 2.3.5 Tematik Terpadu Kelas 1 : di sini ….

.

Sumber:

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku siswa SD/MI Kegemaranku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I. Kegemaranku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Hands-Out Bahan Pelatihan Materi Umum Materi Pokok Sekolah Dasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here