Edisi belajar berdo’a kali ini, yaitu do’a dalam peringatan Tahun Baru Hijriah yang dirayakan oleh umat islam setiap tanggal 1 Muharam.

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا  امين يا الله يا رب العالمينن

(Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alan-Nabiyi. Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimu tasliima. Aamiin yaa Allah yaa Rabbal ‘aalamiin.)

DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH YANG MAHA PEMURAH LAGI MAHA PENYAYANG.

YA ALLAH ENGKAU YANG MAHA KEKAL, MAHA TERDAHULU LAGI MAHA AWAL. DAN BERKAT KEMURAHAN-MU YANG BESAR SERTA KARUNIA-MU YANG MENJADI SUMBER SEMUANYA TERJADI DAN KINI TAHUN BARU TELAH TIBA. PADA TAHUN INI KAMI MEMOHON KEPADA-MU AGAR TERPELIHARA DARI GODAAN SETAN, PARA PENDUKUNGNYA DAN BALA TENTARANYA. DAN KAMI MEMOHON AGAR TERPELIHARA DARI HAWA NAFSU KAMI YANG SELALU MEMERINTAHKAN BERBUAT KEBURUKAN. DAN SEMOGA ENGKAU MENJADIKAN DIRI KAMI DISIBUKKAN DENGAN HAL-HAL YANG MENDEKATKAN DIRI KAMI KEPADA ENGKAU DENGAN SEDEKAT-DEKATNYA. WAHAI TUHAN YANG MEMILIKI KEBESARAN DAN KEMULIAAN. WAHAI TUHAN YANG MAHA PENYAYANG DI ANTARA PARA PENYAYANG.

YA ALLAH, BERIKANLAH AMPUNAN KEPADA KAMI ATAS DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA-DOSA KEDUA ORANG TUA KAMI. DAN KASIHANILAH KEDUANYA ITU SEBAGAIMANA BELIAU BERDUA TELAH MERAWAT KAMI KETIKA KAMI MASIH KECIL. BEGITU JUGA KEPADA SELURUH KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT. SEMUA ORANG YANG BERIMAN LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN YANG MASIH HIDUP MAUPUN YANG SUDAH MENINGGAL DUNIA. DAN IKUTKANLAH DI ANTARA KAMI DAN MEREKA KEBAIKAN. YA ALLAH, BERILAH AMPUN DAN BELAS KASIHANILAH, KARENA ENGKAU TUHAN YANG LEBIH BERBELAS KASIH.

YA ALLAH YANG MAHA HIDUP. YANG TERUS MENERUS MENGURUS MAKHLUKNYA. TIADA TUHAN YANG BERHAK DISEMBAH SELAIN ENGKAU. MAHA SUCI ENGKAU SESUNGGUHNYA KAMI TERMASUK ORANG-ORANG YANG ANIAYA.

YA ALLAH, PERKENANKAN DO’A KAMI DAN SELAMATKAN DIRI KAMI DARI KEDUKAAN. TIADA TUHAN YANG BERHAK DISEMBAH SELAIN ENGKAU. HANYA KEPADA-MULAH KAMI BERTAWAKAL. DAN ENGKAU ADALAH TUHAN YANG MENGUASAI ARASY YANG BESAR. CUKUPLAH BAGI KAMI ENGKAU SEBAGAI PENOLONG. DAN ENGKAU ADALAH SEBAIK-BAIK PELINDUNG, YAITU PELINDUNG DAN PENOLONG YANG SEBAIK-BAIKNYA. TIADA DAYA DAN KEKUATAN KECUALI DENGAN PERTOLONGAN-MU YA ALLAH YANG MAHA TINGGI LAGI MAHA BESAR.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

(Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu al-laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik)

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Walhamdulillaahi Robbil ‘aalamiin)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article