Contoh tekas Do’a dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni). Do’a yang terus dipanjatkan dalam setiap kesempatan, semoga Allah mencatatnya sebagai amal ibadah. Amin.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

DENGAN SEGALA KEMAHAAGUNGAN-MU, TAK HENTI-HENTINYA KAMI BERUCAP PUJI DISERTAI KETUNDUKAN SERTA MENADAHKAN TANGAN UNTUK MEMOHON KEHADIRAT-MU. PADA SAAT INI KAMI SEDANG MEMPERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA. TIADA HARAPAN DAN DAMBAAN KAMI MELAINKAN MENGHARAP RIDO-MU SELALU MENYERTAI KAMI.

YA ALLAH, HANYA KEPADA-MU KAMI MELAKUKAN PENGABDIAN DAN HANYA KEPADA-MU KAMI MEMOHON PERTOLONGAN.

YA ALLOH YA MUJIBASSAA`ILIN

ENGKAU TELAH MENGANUGERAHI KAMI BUMI, AIR, UDARA, HUTAN DAN LINGKUNGAN LAINNYA. SUNGGUH ENGKAU MAHA MEMBENTUK DAN MENYEIMBANGKANNYA. TIADALAH ENGKAU MENCIPTAKAN INI DENGAN SIA-SIA, MAHA SUCI ENGKAU, MAKA PELIHARALAH KAMI DARI SIKSA NERAKA.

YA ALLAH YANG MAHA PEMBERI KARUNIA.

LAPANGKANLAH NURANI KAMI AGAR SADAR MENGEMBAN TANGGUNG JAWAB DALAM MENGELOLA LINGKUNGAN YANG MERUPAKAN INTEGRITAS KEHIDUPAN KAMI. BERSIHKANLAH JASMANI DAN ROHANI KAMI DALAM MEMANDANG BAHWA LINGKUNGAN MERUPAKAN KOMPONEN EKOSISTEM YANG HARUS  DIHORMATI, DIHARGAI, DAN TIDAK DISAKITI KARENA MEMILIKI NILAI TERHADAP DIRI KAMI. KUATKAN KAKI DAN TANGAN KAMI DALAM MEMPEROLEH NIKMAT YANG ENGKAU SERAHKAN KEPADA KAMI, TANPA MELALUI CARA DENGAN MERUSAKNYA. JADIKANLAH BANGSA KAMI BANGSA YANG SENANTIASA BERSYUKUR DENGAN MENJUNJUNG SIKAP JUJUR DALAM MENGELOLA LINGKUNGAN DI NEGERI YANG MAKMUR.

YA ALLAH,

KAMI MEMOHON AMPUNAN KEPADA-MU DARI DOSA-DOSA YANG TIADA DAPAT MENGAMPUNINYA SELAIN ENGKAU. DAN TIADA SEORANGPUN YANG MELIHATNYA KECUALI ENGKAU. DAN TIADA YANG DAPAT MEMA’AFKANNYA KECUALI RAHMAT-MU DAN SANTUNAN-MU. DAN TIADA YANG DAPAT SELAMAT DARINYA KECUALI MENDAPAT MA’AF DARI-MU.

YA ALLAH,

KAMI MEMOHON KEPADA-MU KESELAMATAN DALAM AGAMA, KESEGARAN PADA TUBUH, PENAMBAHAN ILMU, DAN KEBERKAHAN REZEKI, SERTA TAUBAT SEBELUM MATI DAN RAHMAT DI WAKTU MATI, DAN KEAMPUNAN SESUDAH MATI.

YA ALLAH YA TUHAN KAMI,

TERIMALAH DARI PADA KAMI AMALAN KAMI, SESUNGGUHNYA ENGKAULAH YANG MAHA MENDENGAR LAGI MAHA MENGETAHUI.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article