Tanggal 15 Oktober dijadikan sebagai Hari Hak Asasi Hewan/Binatang yang dibentuk untuk membangun kesadaran atas perlindungan hak hidup hewan/binatang. Selain itu kita juga mengenal bahwa tanggal 5 November merupakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang pembentukannya didasari atas Keppres Nomor 4 Tahun 1993. Kemudian Keppres Nomor 3 Tahun 2014 menetapkan bahwa tanggal 21 November dijadikan sebagai Hari Ikan Nasional. Selanjutnya ada Hari Penyu Sedunia. Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia ini dirayakan sejak tahun 2000 oleh American Tortoise Rescue untuk menarik perhatian warga dunia terhadap keberadaan kura-kura dan penyu dan mendorong manusia untuk menyelamatkan spesies yang terancam. Perayaan ini ditetapkan setiap tanggal 23 Mei.

Dan belajar berdo’a edisi kali ini, yaitu tentang Do’a dalam Peringatan Hari Hak Asasi Hewan.

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

والصلاة والسلام علي اشرف الانبياء والمرسلين وعلي اله واصحابه اجمعين  امين يا الله يا رب العالمينن

(Washallaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil ambiyaai wal mursaliin, wa ‘alaa aalihi wa ash-haabihi ajma’iin. Aamiin yaa Allah yaa Rabbal ‘aalamiin.)

YA ALLAH, LIMPAHKANLAH RAHMAT DAN KESELAMATAN KEPADA JUNJUNAN KAMI NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM PENGHULU ORANG-ORANG TERDAHULU DAN TERKEMUDIAN. DAN LIMPAHKANLAH KESELAMATAN DAN KERIDOAN-MU KEPADA SELURUH SAHABAT.

YA ALLAH, JAGALAH KESELAMATAN KAMI PADA WAKTU KAMI DALAM KEADAAN JAGA DAN TIDUR. JAUHKANLAH KAMI DARI MUSUH YANG MENCACI MAKI DAN DENGKI. YA ALLAH KAMI BERLINDUNG KEPADA ENGKAU DARI KEJAHATAN BINATANG MELATA, KARENA SESUNGGUHNYA ENGKAULAH YANG MEMEGANG UBUN-UBUNNYA. DAN KAMI MEMOHON KEPADA ENGKAU KEBAIKAN YANG ADA PADA KEKUASAAN ENGKAU.

YA ALLAH, DENGAN MENYEBUT NAMA-MU YANG MAHA AGUNG. ENGKAU MEMILIKI KUASA UNTUK MELAKUKAN APAPUN SESUAI YANG ENGKAU KEHENDAKI. TERMASUK MEMBERIKAN KEKUASAAN DALAM MENDORONG KEPADA KAMI UNTUK  MENJADI KHALIFAH YANG DAPAT MENYELAMATKAN HEWAN-HEWAN YANG TERANCAM. TANAMKAN PADA JIWA KAMI AGAR SENANTIASA MEMILIKI KESADARAN ATAS PERLINDUNGAN HAK-HAK HIDUPNYA. KARENA TIADALAH ENGKAU MENCIPTAKAN BINATANG-BINATANG YANG ADA DI BUMI DAN BURUNG-BURUNG YANG TERBANG DENGAN KEDUA SAYAPNYA, MELAINKAN UMAT-MU SEPERTI KAMI JUGA. DAN BAGI ENGKAU, TIADALAH KEALFAAN ATAS SESUATU APAPUN JUGA.

MAHA SUCI ENGKU YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PERKASA DAN MAHA AGUNG.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article