Keppres Nomor 24 Tahun 2008 menetapkan bahwa setiap tanggal 28 November dijadikan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Selain itu Hari Penanaman Pohon juga ditetapkan pada Jumat terakhir di bulan April. Hari pohon diperingati juga setiap tanggal 21 November, dalam rangka untuk membangun kesadaran akan pentingnya pohon untuk mengatasi pemanasan global. Dan dalam rangka menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% dengan upaya sendiri dan 41% dengan dukungan internasional, setiap tanggal 10 Januari diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon.

Edisi belajar berdo’a kali ini, yaitu Do’a dalam Peringatan Hari Menanam Pohon.

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا  امين يا الله يا رب العالمينن

(Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alan-Nabiyi. Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimu tasliima. Aamiin yaa Allah yaa Rabbal ‘aalamiin.)

YA ALLAH. KARENA ENGKAU KAMI BERADA PADA PAGI HARI, KARENA ENGKAU KAMI BERADA PADA PETANG HARI, KARENA ENGKAU KAMI HIDUP, KARENA ENGKAU KAMI MATI, TAK TERKECUALI KARENA ENGKAU KAMI DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA DALAM PERINGATAN HARI POHON, DAN KEPADA ENGKAULAH KAMI DIBANGKITKAN.

YA ALLAH YANG MAHA PENYANTUN LAGI MAHA MULIA, MAHA SUCI ENGKAU. ENGKAU TELAH MENCIPTAKAN BUMI INI DENGAN BERBAGAI JENIS POHON YANG INDAH DAN MEMPESONA. PANDAIKANLAH KAMI AGAR BISA MERAWAT DAN MENJAGANYA. HINDARKANLAH KAMI DARI SIFAT YANG DAPAT MERUSAK ALAM DAN POHON-POHON, SESUNGGUHNYA ENGKAU AMAT TIDAK SUKA TERHADAP ORANG YANG BERBUAT KERUSAKAN.

YA ALLAH, KAMI MEMOHON KEPADA-MU HAL-HAL YANG MENDATANGKAN RAHMAT-MU DAN HAL-HAL YANG MEMASTIKAN AMPUNAN-MU, DAN TERPELIHARA DARI SEMUA DOSA YANG MENJAWAB SETIAP KEBAJIKAN DAN SELAMAT DARI SETIAP DOSA. JANGANLAH ENGKAU TINGGALKAN SUATU DOSA PUN MELAINKAN ENGKAU MENGAMPUNINYA.

YA TUHAN KAMI, TIADA TUHAN YANG BERHAK DISEMBAH MELAINKAN ENGKAU. YANG HIDUP KEKAL LAGI TERUS MENERUS MENGURUS MAKHLUKNYA. DAN KAMI BERTAUBAT KEPADA-MU DARI SEGALA KEMAKSIATAN DAN DOSA-DOSA, DARI SEGALA PERKATAAN DAN PERBUATAN YANG DIBENCI OLEH-MU, BAIK YANG DIDENGAR MAUPUN YANG DILIHAT DARI YANG TELAH TERJADI MAUPUN YANG SEDANG TERJADI.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

(Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu al-laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik)

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Walhamdulillaahi Robbil ‘aalamiin)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article