Do’a berikut diperuntukkan sebagai naskah alternatif do’a pada Peringatan Hari Pahlawan (10 November). Sebagai pembelajaran bagi anak-anak tercinta agar tidak lupa memanjatkan do’a.  Do’a yang terus dipanjatkan dalam setiap kesempatan, semoga Allah mencatatnya sebagai amal ibadah. Amin.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

YAA ALLOH YA MUJIBASSAA`ILIN.

ENGKAU PEMILIK ARASY YANG AGUNG, YANG BERKUASA ATAS SEGALA SESUATU. KEPADA-MU JUALAH KAMI BERTAWAKAL. DAN HANYA KEPADA-MU KAMI MEMOHON PERTOLONGAN. TAK PERNAH BOSAN KAMI MENGADU DAN MENYAMPAIKAN PINTA. TAK ENGGAN KAMI TADAHKAN TANGAN MEMOHON RAHMAT DAN AMPUNAN-MU. PADA PERINGATAN HARI PAHLAWAN INI KAMI YANG SENANTIASA BERHARAP. TUNJUKI KAMI KE JALAN YANG LURUS. JALAN YANG TELAH ENGKAU BERI NIKMAT KEPADA MEREKA. BUKAN MEREKA YANG DIMURKAI DAN BUKAN MEREKA YANG SESAT. BIMBINGLAH KAMI UNTUK BERAMAL YANG PENUH MAKNA, SINARI KAMI DENGAN ILMU DAN AKHLAKUL KARIMAH, SERTA LINDUNGILAH KAMI DARI FITNAH DAN MARABAHAYA YANG TIADA KAMI SANGKA.

YA ALLAH,

ENGKAU TELAH MEMBERKATI DAN MERAHMATI KAMI SEBUAH NEGERI YANG AMAN SENTAUSA. SEGARKANLAH INGATAN KAMI UNTUK MENGENANG ARTI SATU, DUA, BAHKAN RATUSAN RIBU JIWA MELAYANG DEMI MEMBELA TANAH AIR TERCINTA. JERNIHKAN HATI KAMI UNTUK MEMAHAMI MAKNA SEJATI PERJUANGAN PENDAHULU BANGSA KAMI. RINGANKAN GERAK KAMI UNTUK MENGISI HARI-HARI MERDEKA DENGAN KEKUATAN IMAN, KEMULIAN HIDUP BERBANGSA DAN BERNEGARA, DAN KESEJAHTERAAN YANG MERATA. MANTAPKANLAH LANGKAH KAMI UNTUK MENAPAKI JALAN YANG BENAR DALAM MENGGAPAI MASA DEPAN BANGSA DAN NEGERI KAMI.

YA ALLAH,

BERILAH AMPUNAN KEPADA KAMI DAN KEPADA ORANG TUA KAMI. JANGAN SAMPAIKAN BERITA-BERITA TENTANG DIRI KAMI YANG AKAN MEMBUAT MEREKA KECEWA. DAN JANGAN BEBANKAN KESALAHAN KAMI KEPADA MEREKA. DAN JANGAN HINAKAN MEREKA DI HADAPAN ORANG-ORANG YANG SUDAH MENINGGAL DUNIA DENGAN PERBUATAN-PERBUATAN HINA DAN MUNKAR YANG KAMI LAKUKAN. DAN SENANGKANLAH RUH MEREKA DENGAN AMAL-AMAL BAIK KAMI DI TEMPAT PERTEMUAN PARA ARWAH, KETIKA ORANG-ORANG SHALEH BERGEMBIRA DENGAN PUTRA-PUTRA MEREKA. DAN JANGAN JADIKAN MEREKA TERNODA OLEH PERBUATAN-PERBUATAN BURUK YANG KAMI LAKUKAN.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article