Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006, bahwa setiap tanggal 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. Di lingkungan sekolah, banyak yang bisa dilakukan dalam bela Negara, misalnya Kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah, belajar dengan sungguh-sungguh, menciptakan suasana lingkungan sekolah yang rukun, damai, dan harmonis, membentuk pribadi yang sadar hukum, meningkatkan keimanan, ketakwaan dan lain-lain. Berikut adalah contoh teks do’a dalam peringatan Hari Bela Negara.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

MARILAH KITA MENUNDUKKAN KEPALA SEJENAK UNTUK MEMANJATKAN DO’A KE HADIRAT-NYA. SUNGGUH TAK TERHINGGA NIKMAT YANG ALLAH ANUGERAHKAN KEPADA KITA, NIKMAT-NIKMAT TERSEBUT ALLAH HAMPARKAN DI HADAPAN DAN DI BELAKANG KITA. DI SAMPING, DI BAWAH, DI ATAS BAHKAN ADA PADA TUBUH KITA. SUNGGUH ALLAH MAHA PEMBERI KARUNIA,

SEGALA PUJI BAGI ALLAH, TUHAN SEMESTA ALAM.

YA ALLAH, PADA HARI INI KAMI SEDANG MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA. DI HADAPAN-MU KAMI BERSIMPUH SUJUD MEMOHON PERTOLONGAN-MU.

BERILAH KAMI KEMAMPUAN UNTUK BERBUAT YANG TERBAIK BAGI BANGSA DAN NEGARA KAMI.  ENGKAULAH YANG MAHA PEMBERI PETUNJUK. TUNJUKKANLAH KEPADA KAMI SEBAIK-BAIK BUDI PEKERTI, KARENA SESUNGGUHNYA TIDAK ADA YANG MENUNJUKKANNYA KECUALI HANYA ENGKAU. DAN PALINGKANLAH KAMI DARI BUDI PEKERTI YANG JELEK, KARENA SESUNGGUHNYA TIDAK ADA YANG MEMALINGKANNYA KECUALI HANYA ENGKAU.

YA ALLAH, JANGANLAH KAU GOYAHKAN HATI KAMI SETELAH ENGKAU BERI PETUNJUK DAN BERILAH KAMI RAHMAT DARI SISI-MU. SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA PEMBERI.

WAHAI ALLAH, SEGALA SESUATU BERLAKU ATAS KUDRAT DAN IRADAH-MU, KARENA ITU BERIKANLAH KEKUATAN KEPADA KAMI, UNTUK SENANTIASA DAPAT MEMANTAPKAN PERSATUAN DAN KESATUAN.

YA ALLAH, ALANGKAH BAIKNYA INDONESIA BAGI KAMI SEBAGAI SEBUAH NEGERI, DAN KAMI SANGAT CINTA INDONESIA. SESUNGGUHNYA KAMI BERLINDUNG KEPADA-MU DARI SIFAT LEMAH, MALAS, KIKIR, PIKUN, DAN DARI AZAB KUBUR.

WAHAI TUHAN KAMI, AMPUNILAH DOSA-DOSA KAMI, DOSA-DOSA ORANG TUA KAMI, PARA SESEPUH KAMI, PARA GURU KAMI, ORANG-ORANG YANG MEMPUNYAI HAK ATAS KAMI, ORANG-ORANG YANG CINTA DAN BERBUAT BAIK KEPADA KAMI DAN KEPADA SELURUH UMAT ISLAM.

YA TUHAN KAMI, TERIMALAH DARI PADA KAMI AMALAN KAMI, SESUNGGUHNYA ENGKAULAH YANG MAHA MENDENGAR LAGI MAHA MENGETAHUI.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article