Pada tahun 1948, Organisasi Kesehatan Dunia mengadakan sidang Majelis Kesehatan Dunia Pertama dan memutuskan 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia. Untuk memperingati peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1964, maka ditetapkan tanggal 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional. Prof. Poorwo Soedarmo mendirikan Sekolah Djuru Penerang Makanan pada 25 Januari 1951, maka tanggal 25 Januari dijadikan sebagai Hari Gizi dan Makanan.

Selain itu yang ditetapkan sebagai hari penting di bidang kesehatan adalah 25 Januari merupakan Hari Kusta Internasional, 15 Juni merupakan Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN, 26 Juni merupakan Hari Anti Narkoba Sedunia, 10 Oktober merupakan Hari Kesehatan Jiwa, 24 Oktober merupakan Hari Dokter Nasional, 14 November merupakan Hari Diabetes Sedunia , 1 Desember merupakan Hari AIDS Sedunia, dan 3 Desember merupakan Hari Cacat

Edisi belajar berdo’a kali ini, yaitu Do’a dalam Peringatan Hari Kesehatan.

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا  امين يا الله يا رب العالمينن

(Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alan-Nabiyi. Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimu tasliima. Aamiin yaa Allah yaa Rabbal ‘aalamiin.)

DENGAN KEAGUNGAN NAMA-ALLAH, DI HARI YANG PENUH BERKAH INI KAMI MEMANJATKAN DO’A KEPADA-MU. YA ALLAH.

YA RAHMAN, PANJANGKANLAH USIA KAMI, SEHATKANLAH TUBUH KAMI, TUNAIKANLAH KEPERLUAN KAMI, DAN PERBANYAKLAH HARTA KAMI. JADIKANLAH KAMI ORANG YANG DISUKAI SELURUH MANUSIA. DAN JAUHKANLAH DIRI KAMI DARI SEGALA PERMUSUHAN ANAK ADAM YANG MASIH HIDUP. SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU.

YA ALLAH JANGANLAH ENGKAU MATIKAN KAMI DENGAN MURKA-MU. DAN JANGANLAH ENGKAU BINASAKAN KAMI DENGAN AZAB-MU. TETAPI SELAMATKANLAH KAMI DARI HAL ITU.

YA ALLAH, BERIKANLAH RASA PUAS KEPADA KAMI DENGAN KETETAPAN-MU DAN BERKATILAH KAMI DENGAN SEMUA YANG TELAH DIPASTIKAN BAGI KAMI SEHINGGA KAMI TIDAK MENYUKAI KESEGERAAN DARI APA YANG ENGKAU TANGGUHKAN DAN TIDAK PULA MENYUKAI PENANGGUHAN DARI APA YANG ENGKAU SEGERAKAN.

CUKUPLAH ENGKAU WAHAI ALLAH SEBAGAI PENOLONG KAMI DALAM AGAMA KAMI. CUKUPLAH ENGKAU SEBAGAI PENOLONG DALAM DUNIA KAMI. CUKUPLAH ENGKAU SEBAGAI PENOLONG DALAM KESUSAHAN KAMI. CUKUPLAH ENGKAU SEBAGAI PENOLONG TERHADAP ORANG YANG BERBUAT ANIAYA KEPADA KAMI. DAN CUKUPLAH ENGKAU SEBAGAI PENOLONG TERHADAP ORANG YANG MELANCARKAN TIPU DAYA JAHAT KEPADA KAMI DAN TIADA DAYA KECUALI DENGAN PERTOLONGAN-MU.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Walhamdulillaahi Robbil ‘aalamiin)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article