Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus, hari dimana Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka.

Edisi belajar berdo’a kali ini, yaitu Do’a dalam Hari Pramuka.

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا  امين يا الله يا رب العالمينن

(Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alan-Nabiyi. Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimu tasliima. Aamiin yaa Allah yaa Rabbal ‘aalamiin.)

YA ALLAH YANG MAHA PEMBERI KARUNIA,

DIBAWAH LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIAMU, PADA SAAT YANG BERBAHAGIA INI, KAMI DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI PRAMUKA.

YA ALLAH YANG MEMILIKI KEKUASAAN YANG BESAR, YANG MEMILIKI ANUGERAH YANG TERDAHULU. YANG MEMILIKI DZAT YANG MAHA MULIA. YANG MENGUASAI KALIMAT-KALIMAT YANG SEMPURNA DAN DO’A-DO’A YANG MUSTAJAB.

TERIMALAH DARI PADA KAMI AMALAN KAMI. SESUNGGUHNYA ENGKAULAH YANG MAHA MENDENGAR LAGI MAHA MENGETAHUI. YA TUHAN KAMI, JADIKANLAH KAMI ORANG YANG TUNDUK PATUH KEPADA ENGKAU DAN JADIKANLAH KAMI SEBAGAI GENERASI MUDA PATRIOT BANGSA YANG MENJUNJUNG TINGGI TRISATYA DAN MENGAMALKAN DASA DARMA.

YA ALLAH, KAMI MEMOHON KEPADA-MU PETUNJUK, KETAKWAAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN KEKAYAAN.

YA ALLAH, PADA-MULAH SEGALA PUJI SEPERTI YANG KAMI UCAPKAN DAN BAHKAN LEBIH BAIK DARI YANG KAMI UCAPKAN.

YA ALLAH, KAMI MOHON KEPADA-MU RIDHA-MU DAN SURGA. KAMI BERLINDUNG KEPADA-MU DARI MURKA-MU DAN SIKSA NERAKA DAN APAPUN YANG DAPAT MENDEKATKAN KAMI PADANYA, BAIK UCAPAN MAUPUN AMAL PERBUATAN.

YA ALLAH, HANYA DENGAN NUR CAHAYA-MU KAMI MENDAPAT PETUNJUK. DENGAN PEMBERIAN-MU KAMI MERASA CUKUP. DAN DALAM NAUNGAN-MU, RAHMAT-MU, ANUGERAH-MU, DAN KEBAIKAN-MU JUALAH KAMI INI BERADA DI WAKTU PAGI DAN PETANG.

ENGKAULAH YANG MULA PERTAMA. TIDAK ADA SESUATU PUN YANG ADA SEBELUM-MU. DAN ENGKAU PULALAH YANG PALING AKHIR, DAN TIDAK ADA SESUATU PUN YANG ADA SESUDAHMU. ENGKAULAH YANG NYATA, MAKA TIDAK ADA SESUATU PUN YANG DI ATAS ENGKAU. ENGKAU PULALAH YANG BATIN, MAKA TIDAK ADA SESUATU PUN DI BAWAH-MU.

KAMI BERLINDUNG KEPADA-MU DARI PAILIT, MALAS, SIKSA KUBUR DAN BERBAGAI COBAAN. KAMI MOHON KEPADA-MU KEMENANGAN MEMPEROLEH SURGA DAN KESELAMATAN DARI API NERAKA.

WAHAI TUHAN KAMI, AMPUNILAH DOSA-DOSA KAMI, DOSA-DOSA ORANG TUA KAMI, GURU-GURU KAMI, PARA SESEPUH KAMI, DAN ORANG-ORANG YANG MEMPUNYAI HAK ATAS KAMI, ORANG-ORANG YANG CINTA DAN BERBUAT BAIK KEPADA KAMI DAN SELURUH UMAT ISLAM.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

 

Facebook Comments

Share This Article