Berdasarkan konferensi UNESCO tanggal 17 November 1965 di Iran, bahwa tanggal 8 September diperingati sebagai Hari Aksara Internasional. Dunia pun menetapkan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia yang dirancang oleh UNESCO sebagai sebuah perayaan buku dan literasi dan Indonesia pertama kali melaksanakannya di tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca yang didukung oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah, dunia usaha, akademisi, komunitas dan masyarakat umum. Juga Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar mencanangkan tanggal 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional.

Edisi belajar berdo’a kali ini, yaitu tentang Do’a Peringatan Hari Aksara Internasional.

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

والصلاة والسلام علي اشرف الانبياء والمرسلين وعلي اله واصحابه اجمعين  امين يا الله يا رب العالمينن

(Washallaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil ambiyaai wal mursaliin, wa ‘alaa aalihi wa ash-haabihi ajma’iin. Aamiin yaa Allah yaa Rabbal ‘aalamiin.)

WAHAI TUHAN YANG MAHA PENGASIH, WAHAI YANG MEMILIKI ARASY YANG MULIA. KAMI MEMOHON KEPADA-MU DENGAN CAHAYA WAJAH-MU YANG ENGKAU PENUHI DI SETIAP SUDUT ARASY-MU. DAN KAMI MEMOHON KEPADA-MU DENGAN KEKUASAAN-MU  YANG DENGAN ITU ENGKAU TAKDIRKAN SEMUA MAKHLUK-MU DAN DENGAN RAHMAT-MU YANG DENGAN ITU ENGKAU LUASKAN SEGALA SESUATUNYA. TIADA TUHAN SELAIN ENGKAU WAHAI YANG MAHA PENOLONG. TOLONGLAH KAMI.

YA ALLAH, SESUNGGUHNYA KAMI MEMOHON RAHMAT DARI SISI-MU YANG DAPAT MEMBERIKAN PETUNJUK PADA KALBU KAMI DAN MENGHIMPUN SEMUA KEKUATAN KAMI SERTA DAPAT MENOLAK FITNAH YANG AKAN MENIMPA DIRI KAMI.

YA ALLAH, TAMBAHKANLAH KAMI ILMU PENGETAHUAN, DAN JANGAN ENGKAU SESATKAN HATI KAMI SESUDAH ENGKAU BERI PETUNJUK. DAN BERKATILAH KEPADA KAMI RAHMAT YANG BANYAK DARI SISI-MU SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA PEMBERI.

YA ALLAH, KARUNIAKANLAH KAMI ILMU YANG BERMANFAAT, AMAL SHALEH YANG DAPAT DITERIMA. USIA YANG PANJANG BAHAGIA. KESABARAN YANG PRIMA. TAUBAT YANG NASUHA. DAN REZEKI YANG HALAL DAN MULIA SERTA PENUH KEBERKAHAN, KELUASAN YANG SEMPURNA.

MAHA SUCI ENGKU YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PERKASA DAN MAHA AGUNG.

YA ALLAH, BERIKANLAH AMPUNAN KEPADA KAMI ATAS DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA-DOSA KEDUA ORANG TUA KAMI, DAN KASIHANILAH KEDUANYA ITU SEBAGAIMANA BELIAU BERDUA MERAWAT KAMI KETIKA KAMI MASIH KECIL. BEGITU JUGA KEPADA GURU-GURU KAMI DAN PARA PEMIMPIN KAMI.

YA ALLAH, BERILAH AMPUNAN DAN BELAS KASIHANILAH KARENA ENGKAULAH TUHAN YANG LEBIH BERBELAS KASIH DAN TIADA DAYA DAN UPAYA KECUALI DENGAN PERTOLONGAN-MU.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article