Untuk kebutuhan ananda tercinta, ketika ada suatu acara. Berikut ini saya postingkan alternatif do’a dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (2 Mei). Tentu do’a ini bisa dikembangkan atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Semoga yang membaca do’a ini, kapan pun dan di mana pun, Allah dapat memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan Anda. Amin.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

(Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna ‘alan-Nabiyi. Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimu tasliima)

YA ALLAH! PADA HARI INI KAMI BERKUMPUL DALAM MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL. SUNGGUH TIDAK TERBAYANG OLEH KAMI ANDAI TIADA PENDIDIKAN. “LAULAA TARBIYYAH, LAHALLAKAL UMMAT” (ANDAI TIADA PENDIDIKAN, TENTU HANCURLAH UMAT).

SEGALA PUJI BAGI-MU YA ALLAH, YANG TELAH MENJADIKAN ILMU DENGAN SIFAT YANG PALING TINGGI DAN SEMPURNA.

WAHAI DZAT YANG MAHA MEMENUHI SEGALA KEBUTUHAN HAMBANYA.

LIMPAHKANLAH RAHMAT DAN KESEJAHTERAAN KEPADA PENGHULU KAMI NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM DAN KELUARGANYA, KEPADA PARA SAHABATNYA, KEPADA PARA PAHLAWAN PENDIDIKAN, PARA PENDIDIK DAN GURU-GURU KAMI DENGAN RAHMAT YANG DAPAT MENYELAMATKAN KAMI DARI SEGALA KETAKUTAN DAN PENYAKIT, RAHMAT YANG DAPAT MENSUCIKAN DIRI KAMI DARI SEGALA KEBURUKAN, YANG DAPAT MENGANGKAT DERAJAT KAMI KE DERAJAT TERTINGGI DI SISI-MU DAN DAPAT MENYAMPAIKAN KAMI KEPADA TUJUAN MAKSIMAL DARI SEGALA KEBAIKAN. SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA MENDENGAR, MAHA DEKAT, LAGI MAHA MEMPERKENANKAN SEGALA DO’A DAN PERMOHONAN.

YA NUUR, ENGKAULAH MAHA BERCAHAYA, DAN ENGKAULAH PEMBERI CAHAYA.

JADIKANLAH UNTUK KAMI CAHAYA DALAM HATI KAMI, CAHAYA DALAM KUBUR KAMI, CAHAYA DALAM PENDENGARAN KAMI, CAHAYA DALAM PENGLIHATAN KAMI, CAHAYA PADA RAMBUT KAMI, CAHAYA PADA KULIT KAMI, CAHAYA PADA DARAH KAMI, CAHAYA PADA TULANG KAMI, CAHAYA DARI ARAH KANAN KAMI, CAHAYA DARI ARAH KIRI KAMI, CAHAYA DARI ATAS KAMI, CAHAYA DARI BAWAH KAMI, YA ALLAH, TAMBAHILAH KAMI AKAN CAHAYA DAN BERILAH KAMI CAHAYA, JADIKANLAH UNTUK KAMI CAHAYA DAN JADIKANLAH KAMI CAHAYA.

YA MAANI’ YANG MAHA MENCEGAH

SESUNGGUHNYA KAMI BERLINDUNG KEPADA-MU DARI PADA PAYAH, DARI JURANG KECELAKAAN, DAN NASIB YANG MALANG, DAN KAMI BERLINDUNG KEPADA-MU DARI EJEKAN MUSUH.

YA ALLAH, SESUNGGUHNYA KAMI INI LEMAH, MAKA KUATKANLAH KAMI, DAN KAMI INI HINA MAKA MULIAKANLAH KAMI, DAN KAMI INI FAKIR MAKA KAYAKANLAH KAMI, WAHAI DZAT YANG MAHA PENGASIH.

YA RABB,

LAPANGKANLAH UNTUK KAMI DADA KAMI, MUDAHKANLAH UNTUK KAMI SEGALA URUSAN KAMI, DAN URAIKANLAH SIMPUL PENGIKAT LISAN KAMI.

MAHA SUCI ENGKU YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PERKASA DAN MAHA AGUNG.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Facebook Comments

Share This Article