Hari Ayah Nasional merupakan salah satu hari yang ditetapkan/ disepakati oleh masing-masing Lembaga/ Komunitas tertentu. Hari Ayah Nasional disepakati pada tanggal 12 November. Sungguh sangat baik tren Hari Ayah Nasional itu kita peringati, sebab dalam hadits disebutkan, Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah ﷺ dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi ﷺ menjawab, ‘kepada ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian kepada siapa lagi?’ Nabi ﷺ menjawab, ‘kepada ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian kepada siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘kepada ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian kepada siapa lagi?’ Nabi ﷺ menjawab, ‘Kemudian kepada ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Berikut contoh alternatif Do’a dalam Memperingati Hari Ayah Nasional

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

DENGAN NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG. DENGAN IZIN ALLAH YANG MEMILIKI KEAGUNGAN DAN KEMULIAAN. ATAS QUDRAT DAN IRADATNYA. ATAS RAHMAT DAN PERTOLONGANNYA. PADA HARI INI KAMI DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI AYAH NASIONAL.

YA GHAFUURUR-RAHIIM,

AYAH DAN IBU KAMI ADALAH ORANG YANG PALING BERJASA BAGI KAMI DI DUNIA INI. DENGAN KEAGUNGAN-MU YANG MAHA MEMBERI PENGAMPUNAN, BERILAH AMPUNAN KEPADA KAMI ATAS DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA-DOSA KEDUA ORANG TUA KAMI, DAN KASIHANILAH KEDUANYA ITU SEBAGAIMANA BELIAU BERDUA TELAH MERAWATKU KETIKA AKU MASIH KECIL.

YA ALLAH,

JADIKANLAH KAMI PENYEJUK HATI MEREKA DI HARI PARA SAKSI BERDIRI SEBAGAI SAKSI, DAN PERDENGARKANLAH KEPADA MEREKA SEBAIK-BAIK SERUAN KETIKA SANG PENYERU BERSERU, DAN JADIKANLAH MEREKA SEBAGAI AYAH YANG MERASA PALING SENANG DENGAN ANAK-ANAKNYA. JADIKANLAH MEREKA SEBAGAI AYAH YANG MERASA PALING SENANG DENGAN ANAK-ANAKNYA. JADIKANLAH MEREKA SEBAGAI AYAH YANG MERASA PALING SENANG DENGAN ANAK-ANAKNYA.

YA ALLAH,

BAGI SETIAP AYAT SUCI YANG KAMI BACA, SHALAT KAMI YANG ENGKAU TERIMA, AMAL SHALEH KAMI YANG ENGKAU RIDHOI, SERTA SEDEKAH KAMI YANG ENGKAU LIPAT GANDAKAN PAHALANYA. TOLONGLAH YA ALLAH, BERILAH MEREKA BAGIAN YANG LEBIH BANYAK DARI BAGIAN KAMI. DAN PAHALA YANG JAUH LEBIH BESAR DARI PAHALA KAMI. SEBAB ENGKAU YANG MEWASIATKAN AGAR KAMI BERBAKTI DAN BERBUAT BAIK KEPADA MEREKA. SESUNGGUHNYA, ENGKAULAH YANG LEBIH PANTAS UNTUK BERBUAT BAIK KEPADA MEREKA DARI SEMUA YANG BERBAKTI KEPADA ORANG TUANYA. DAN ENGKAULAH YANG LEBIH BERHAK UNTUK MELAKUKAN KEBAJIKAN TERSEBUT DARI PADA MEREKA YANG ENGKAU PERINTAHKAN.

DAN,

KAMI MOHON KEPADA-MU, MASUKKANLAH KAMI KE DALAM SURGA-MU BERSAMA ORANG-ORANG YANG BERBUAT BAIK. WAHAI TUHAN YANG MAHA PERKASA, MAHA PENGAMPUN, DAN TUHAN YANG MENGUASAI SEMESTA ALAM.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على المرسلين وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Subhaana Robbika Robbil-‘izzati ‘amma yashifuun. Wa salaamun ‘alal-mursaliin. Wal-hamdu lillaahi Robbil ‘aalamiin.)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

 

Facebook Comments

Share This Article