Beberapa hari ke depan, insya Allah saya akan mempostingkan contoh do’a-do’a untuk kebutuhan ananda tercinta.  Beberapa peserta didik, ada yang meminta dibuatkan naskah do’a. Tentu do’a-do’a ini bisa dikembangkan atau disesuaikan dengan kebutuhan.  Berikut saya awali alternatif do’a dalam memperingati Hari Ibu (22 Desember).

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Dengan penuh ketundukan dan mengharapkan keridhoaan Allah, sejenak mari kita menundukkan kepala seraya berdo’a kepada-Nya. Mari kita hadirkan wajah ibu yang paling berjasa dalam hidup kita. Ketika kita kecil dengan mesra dan penuh kasih sayang, ibu menggendong kita, membelai, menyuapi, menggantikan baju, memenuhi berbagai rengekan kita. Semoga buaian cinta ibu kepada kita, menjadi buaian kasih sayang Allah kepadanya.

ALAHUMMA AMIN, YA ALLAH YA TUHAN KAMI.

PADA HARI INI, KAMI MEMOHON RAHMAT-MU. ENGKAU TELAH MEMERINTAHKAN KAMI UNTUK BERDO’A. DAN ENGKAU AKAN MENGABULKAN SEGALA PERMOHONAN KAMI. ENGKAU TELAH MEWASIATKAN KEPADA KAMI AGAR SENANTIASA BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA. ENGKAU PULA YANG MENGANJURKAN KAMI UNTUK MERENDAHKAN DIRI KEPADA MEREKA SEBAGAI BENTUK RASA HORMAT DAN MEMULIAKAN MEREKA.

YA GHAFFAR, ENGKAULAH MAHA PENGAMPUN

BEGITU BANYAK KESALAHAN YANG KAMI LAKUKAN TERHADAP IBU, KAMI SERING MEMBUAT HATI IBU KECEWA, TIDAK MENURUT TERHADAP PERINTAHNYA. KAMI SERING MEMBANDEL. UNTUK ITU MA’AFKANLAH ATAS DOSA-DOSA KAMI.

YA ALLAH YANG MAHA MEMBERI PENGAMPUNAN

BERIKANLAH AMPUNAN ATAS DOSA-DOSA KEDUA ORANG TUA KAMI, DAN KASIHANILAH MEREKA, SEBAGAIMANA MEREKA BERDUA TELAH MERAWAT DAN MENYAYANGI KAMI KETIKA KAMI MASIH KECIL.

BEGITU PULA BERILAH AMPUNAN DAN BELAS KASIHANILAH GURU-GURU KAMI DAN PARA PEMIMPIN KAMI KARENA ENGKAU TUHAN YANG LEBIH BERBELAS KASIH DAN TIADA DAYA DAN UPAYA KECUALI DENGAN PERTOLONGAN-MU.

YA ALLAH,

PANJANGKANLAH UMUR KAMI, SEHATKANLAH JASAD KAMI, TERANGILAH HATI KAMI, TETAPKANLAH IMAN KAMI, BAIKKANLAH AMALAN KAMI, LUASKANLAH REZEKI KAMI, DEKATKANLAH KAMI KEPADA KEBAIKAN DAN JAUHKANLAH KAMI DARI KEJAHATAN, KABULKANLAH SEGALA KEBUTUHAN KAMI DALAM AGAMA, DUNIA DAN AKHIRAT. SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU.

WAHAI TUHANKU, TUNJUKKANLAH KEPADA KAMI SEBAIK-BAIK BUDI PEKERTI, KARENA SESUNGGUHNYA TIDAK ADA YANG MENUNJUKKANNYA KECUALI HANYA ENGKAU. DAN PALINGKANLAH KAMI DARI BUDI PEKERTI YANG JELEK, KARENA SESUNGGUHNYA TIDAK ADA YANG MEMALINGKANNYA KECUALI HANYA ENGKAU.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

(Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu al-laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik)

MAHA SUCI ENGKAU YA ALLAH. DENGAN MEMUJI-MU AKU BERSAKSI BAHWA SESUNGGUHNYA TIADA TUHAN MELAINKAN ENGKAU. AKU MEMOHON PENGAMPUNAN KEPADA-MU. DAN AKU BERTAUBAT KEPADA-MU.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

(Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar. Walhamdulillaahi Robbil ‘alamiin)

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

 

Facebook Comments

Share This Article