Berikut ini hanyalah sebuah contoh teks amanat Pembina Upacara dalam Hari Peringatan Peristiwa Bandung Lautan Api (24 Maret). Tentu harus dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

السلام علىكم ورحمة الله و بركاته

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang terhormat rekan-rekan guru, staf Tata Usaha dan karyawan.

Segala puji hanyalah milik Allah yang memiliki kesempurnaan dengan berbagai nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan ke haribaan baginda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarga, sahabat, dan semua orang yang mengikutnya termasuk kita yang hari ini sedang melaksanakan upacara bendera dalam memperingati peristiwa Bandung Lautan Api.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua petugas upacara yang telah melaksanakan upacara dengan baik. Hal ini sebagai buah dari latihan yang serius dalam mempersiapkan upacara hari ini. Terdapat sedikit kekurangan yang harus dijadikan pembelajaran oleh semua petugas dan calon petugas yang akan mendapat giliran nanti, untuk terus berlatih hingga kekurangan tersebut bisa dihindari. Segala kelebihannya harus tetap dipertahankan dan kalau bisa harus ditingkatkan agar lebih baik lagi.

Anak-anakku.

Upacara bendera hari ini hampir berdekatan dengan hari  Peringatan Bandung Lautan Api yang diperingati setiap tanggal 24 Maret, suatu hari yang bersejarah bagi perjalanan bangsa ini yaitu peristiwa Pembumihangusan Bandung yang kita kenal dengan sebutan Bandung Lautan Api. Tentu kita bertanya, “Mengapa Bandung harus dibumihanguskan? Rumah-rumah penduduk dan perkantoran harus dibakar?”

Di antara sekian banyak jawaban yang bisa dijadikan pembelajaran. Pada kesempatan ini, saya hanya akan menyampaikan dua jawaban saja, yaitu pertama masyarakat Bandung tidak ingin dijajah kembali dan kedua masyarakat Bandung adalah masyarakat yang sadar dipimpin dan sadar memimpin.

Peristiwa tersebut diawali pada pertengahan Oktober 1945 dengan mendaratnya Pasukan sekutu di Bandung. Kemudian mereka menjadikan hotel Preanger dan hotel Homann sebagai markas untuk melancarkan strategi militer mereka. Mereka diduga yang menjebol bendungan Sungai Cikapundung hingga terjadinya banjir besar di kota Bandung, mereka mengadakan aksi-aksi yang mengganggu keamanan. Bahkan dengan kekuatan pasukannya yang besar, Kolonel MacDonald, berani menyampaikan ultimatum yang isinya agar rakyat segera mengosongkan Bandung bagian utara. Rakyat dipaksa harus dievakuasi, senjata yang telah mereka rebut dari tangan Jepang pun dilucuti.

Makanya rakyat tidak rela terhadap segala bentuk penjajahan yang tidak berperikemanusiaan dan tidak berperikeadilan tersebut.

Alasan kedua masyarakat merelakan tempat tinggalnya dibakar. Malah sebelum peristiwa pembumihangusan berlangsung, sebanyak 200.000 jiwa yang tinggal di Kota Bandung dan  sekitarnya rela meninggalkan Kota Bandung menuju daerah pegunungan di Selatan, karena mereka sadar dipimpin hingga taat kepada perintah pemimpin. Dan yang menjadi pemimpin mereka sadar memimpin hingga bijaksana dalam mengambil segala keputusan bagi semua. Mereka dijadikan panutan oleh masyarakatnya.

Anak-anakku.

Melalui upacara ini kita berlatih untuk menjadi pribadi yang merdeka sekaligus menjadi pribadi yang patuh kepada pemimpin dan taat kepada aturan-aturan yang ada. Walau pemimpin upacara hari ini kelas VII, saya bangga kepada kelas VIII dan kelas IX dikala pemimpin upacara memberikan aba-aba SIAP! kelas VIII dan kelas IX pun ikut siap. Dikala disuruh istirahat di tempat, kelas VIII dan kelas IX pun dapat melakukannya dengan baik. dan seterusnya di kala dirigen dari kelas VII memimpin menyanyikan lagu wajib nanti, saya pastikan kelas VIII dan kelas IX bisa memberikan contoh menjadi pemerhati aba-aba dirigen yang baik dan patuh.

Demikian amanat yang dapat saya sampaikan hari ini.

Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses dalam segala cita-cita. Amin.

والسلام علىكم ورحمة الله و بركاته

 

 

Mengenal Program Sekolah Adiwiyata: di sini ….

 

Facebook Comments

Share This Article