Sama sekali tak tersirat dalam hati untuk menggurui. Saya yang masih mencari, semoga tidak salah andai hasil baca-baca ini saya arsipkan di web ini yang semoga pula tertanam dalam hati. Mengingatkan pada diri tentang kalam Rabbul ‘Izzati dan sabda-sabda Nabi, yang di antaranya suatu perintah bersegeralah dalam mengerjakan amal baik. Rasulullah SAW. bersabda:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

عن ابن مسعودرضى اللّه عنه عنه أنّ النّبىّ صلّى اللّه عليه وسلّم كان يكول :اللّهمّ إنّى أسألك الهدى والتّقى والفاف والغنى (رواه مسلم)٠

Dari Ibnu Mas’ud ra., ia berkata : Nabi saw. sering berdoa : “ALLAAHUMMA INNI AS ALUKAL HUDA WATTUQAA WAL ‘AFAAFA WAL GHINAA (Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu semoga Engkau berkenan memberikan petunjuk, ketakwaan, kehati-hatian dan perasaan cukup).” (HR. Muslim)

عن أبى هريرةرضى اللّه عنه : أنّ رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم قال : بادروبالأعمال الصّالحةفستكون فتن كقطع اللّيل المظلم يصبح الرّجل مؤمناويمسى كافراويمسى مؤمناويصبح كافرايبيع دينه بعرض من الدّنيا (رواه امسلم)٠

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda : “Bersegeralah kalian untuk mengerjakan amal-amal saleh, karena akan terjadi bencana yang menyerupai malam yang gelap gulita, yaitu seseorang pada waktu pagi dia beriman tetapi pada waktu sore dia kafir, atau pada waktu sore dia beriman tetapi pada waktu pagi dia kafir, dia rela menukar agamanya dengan sedikit keuntungan dunia.” (HR. Muslim)

عن أبى هريرةرضى اللّه عنه :أنّ رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم قال : بادروابالأعمال سبعاهل تنتظرون إلاّفقرامنسيا، أوغنى مطغيا، أومرضامفسدا، أوهرمامفندا، أوموتامجهزا، أوالدّجّال فشرّغاءب ينتظر، أوالسّاعةفالسّاعةأدهى وأمرّ (رواه الترمذى)٠

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda : “Bersegeralah kalian untuk beramal sebelum datangnya tujuh perkara. Apakah kamu menantikan kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang dapat mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahi segala-galanya, atau menunggu datangnya Dajjal, padahal ia adalah sejelek-jeleknya sesuatu yang ditunggu, atau menunggu datangnya hari kiamat padahal hari kiamat adalah sesuatu yang amat berat dan amat menakutkan.” (HR. Turmudzi)

عن أبى هريرة رضى اللّه عنه قال : قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم قاربواوسدّدواواعلمواانّه لن ينجوأحدمنكم بعمله، قالواولاأنت يارسول اللّه ؟ قال : ولاأناالاّأن يتغمّدنى اللّه برحمة منه وفضل(رواه مسلم)٠

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : “Biasakanlah kalian dalam mendekatkan diri kepada Allah dan berpegang teguhlah pada keyakinan kalian. Ketahuilah !, tidak ada seorangpun di antara kalian yang selamat karena amal perbuatannya.” Para sahabat bertanya : “Tidak juga engkau wahai Rasulullah ?” Beliau menjawab : “Tidak juga saya, kecuali jika Allah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya.” (HR. Muslim)

وقال اللّه تعالى : وسارعواإلى مغفرةمن ربّكم وجنّةعرضهاالسّموات والأرض أعدّت للمتّقين٠

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali Imran : 133)

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

 
Iman Mempunyai Tujuh Puluh Cabang: di sini ….

Sumber:

Al-Qur’an dan Hadits Riyadhus Shalihin

Facebook Comments

Share This Article