Sebelum menyimak ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa yang salah satu cirinya menggunakan kata-kata khusus. Ada baiknya kita berlatih membaca cepat dulu. Teks di bawah ini berjumlah 166 kata. Walaupun hurufnya disusun acak, tetapi cobalah baca dengan baik dan benar! Disarankan membaca secepat mungkin untuk menguji perbendaharaan kosa kata. Anda lancar membacanya, artinya kosa kata Anda sangat bagus. Siap, konsentrasi! Dan bacalah!

Si Nboi, Kleinicku

            Kelniciku bremana Nboi. Kumanakan Nboi kerana saya brehraap klencii kaseayangaku itu salelu sahet dan bguar. Nboi mimeliki bluu ynag labet dan ptuih berish. Mtaanya ckoleat speetri mdau. Mtaanya jreinh mnyeejkkuan utnuk dpinadang. Bbiir mngulnyia ynag mareh mdua snunggh mngegmeaaskn. Tleinganya pnajnag dan mleamabi-leambi klaau dia brelrai.

Nboi sngatalah mnaja. Hmapir taip mlaam, Nboi tudir di uujng kkakiu. Sbeleum keuuls-euls dia aakn slealu mngegngaugku. Klaau wkutanya mkaan dia brepatur-ptuar di dpenaku smbail mngebias-ngbiasakn tielnginya ynag pnajnag. Mluutnya brekmoat-kaimt  speerti oarng seadng bredoa. Keamnjannaya mmebaut aku slaelu rnidu.

Nboi mmeiliki preialku uink. Kaalu mraah, Nboi mealukkan artaksi ynag meanirk. Dia mngegguankn kkai bleakngnyaa dan mleomapt dlaam jngaakuan ynag bgeitu juah. Buk! Sreing tredeangr dia mnejautkhkn drii. Kdaang dia meolmapt smaapi sjeauh tgia mteer. Klaau tdiak dpiedlulkan, kkainya deinatk-etnakakn speteri aank kceil ynag mreaujk mnita dbielkian miaann.

Dngean mnggeunkaan kkai bleaknganya plua, dia breidri sngaat tnggii speerti sdeang mnenujkukan bhawa dia bsia mneairk prehtaian ktia.

Bandingkan dengan membaca teks di bawah! Lebih lancar membaca teks di atas atau teks berikut? Silahkan baca kembali!

Si Nobi, Kelinciku

            Kelinciku bernama Nobi. Kunamakan Nobi karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Nobi memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Nobi sangatlah manja. Hampir tiap malam, Nobi tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Nobi memiliki perilaku unik. Kalau marah, Nobi melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan.        Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

Kalau kita perhatikan penggunaan kata pada teks deskripsi di atas, kata-kata yang digunakan adalah kata-kata khusus. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri teks deskrisi adalah menggunakan kata-kata khusus supaya objek yang dideskripsikan lebih konkret. Seperti warna dirinci dengan putih bersih, cokelat seperti madu, merah muda. Kaki dirinci dengan kaki belakangnya. Dan kata-kata yang digunakan pada teks tersebut banyak menunjukkan kata-kata khusus.

Kata-kata khusus artinya kata-kata yang menjadikan khusus, diperuntukkan bagi sesuatu yang tertentu. Misalnya dari kata umum membawa yang berarti: 1) memegang atau mengangkat sesuatu sambil berjalan atau bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. Ia membawa oleh-oleh untuk adiknya; hari ini ia tidak membawa uang sepeser pun. 2) mengangkut, memuat, memindahkan, mengirimkan: kami menyewa kendaraan untuk membawa belanjaan kami di rumah;

Kata membawa bersifat umum. Kalau membawa sesuatu dengan posisi tangan ke bawah dan tidak terlalu erat memegangnya disebut menjinjing. Kalau membawanya dengan cara mengangkat dan mengirimkannya ke suatu tujuan disebut mengangkut. Kalau membawa sesuatu barang di belakang atau dipinggang disebut menggendong. Silahkan cari lagi kata-kata khusus yang dilakukan dengan cara-cara khusus dan diperuntukkan bagi sesuatu yang tertentu!

Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal. Kata-kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata-kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus

Kata Umum Kata Khusus
indah elok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, memesona, manis
melihat menonton, menyaksikan, memandang, mengamati, danmemerhatikan.
hewan peliharaan

 

kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, ikan, burung
memegang/ mengenai

 

mengelus, menyentuh, memukul, menghantam, menampar, mencubit
menyedihkan menyayat, mengharukan, memprihatinkan
mendatangi mampir, singgah, berkunjung
menetap bersarang, tinggal, menghuni
menegur menyapa, menegur
makan memangsa

Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata menarik tetapi ragam tidak formal.

Puisi Rakyat: di sini ….

 

Sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

KBBI

Facebook Comments

Share This Article