Jika seseorang yang melaksanakan ibadah haji memasuki Masjidil haram hendaklah ia membaca do’a yang disyari’atkan seperti ketika akan masuk ke Masjid lainnya. Kemudian mulai thawaf umrah jika hajinya haji tamattu, atau thawaf qudum jika ia melaksanakan haji ifrad atau qiran. Ia beridzthiba dengan kain penutup badannya, yaitu meletakkan pertengahan kain tersebut di bawah ketiak kanan dan kedua sisinya di atas pundak kirinya, kemudian memulai thawafnya dari Hajr Aswad dengan mengusap, mencium, atau melambaikan tangannya kearah Hajar Aswad tersebut seraya membaca Bismillahi allahu akbar. Ia melakukan hal seperti itu di setiap putaran thawafnya. Kemudian menjadikan menjadikan Ka’bah di sisi kirinya dan thawaf sebanyak tujuh putaran dengan melakukan lari-lari kecil pada tiga putaran prtama , sesuai dengan kemampuan, sedangkan pada putaran berikutnya ia berjalan seperti biasa. Ketika ia sejajar dengan rukun yamani ia megusapnya bila mampu, dan di antara rukun yamani dab Hajar Aswad memvbaca “Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah wafil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzabannaar.”

Pada setiap putaran thawafnya berdo’a dengan do’a-do’a yang diinginkan, setelah itu shalat dua rakaat di belakang Maqam Nabi Ibrahim a.s. jika memungkinkan dengan membaca Surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas. Kemudian banyak minum air zam-zam, lalu kembali ke Hajar Aswad dan mengusapnya jika memungkinkan. Lalu berdo’a di Multazam (antara Hajar Aswad dan Pintu Ka’bah) kemudian melangkah menuju bukit Shafa dan menaikinya seraya membaca abda-a bimaa bada-allahu bihi dan membaca firman Allah:

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-‘umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah : 168)

Kemudian bertakbir dan bertahlil, sambil menghadap ke qiblat dan mengangkat kedua tangannya dan berdo’a. lalu ia turun dan berjalan hingga sampai pada pilar hijau. Lalu berlari kecil hingga ke pilar hijau yang satunya. Kemudian berjalan kembali hingga sampai di bukit Marwah dan melakukan seperti apa yang ia lakukan di atas bukit Shafa (tanpa membaca ayat di atas), setelah itu turun kembali dan melakukan sebagaimana yang ia lakukan diputaran pertama hingga sempurna tujuh putaran. Dari Shafa ke Marwah satu putaran dan dari Marwah ke Shafa satu putaran, begitu seterusnya. Kemudian ia memendekkan rambutnya atau mencukurnya. Mencukur adalah lebih utama, kecuali waktu umrah utuk haji tamattu; karena ia akan melakukan haji setelah itu. Adapun yang melaksanakan haji Qiran atau ifrad mereka tidak bercukur setelah thawaf qudum hingga ia selesai melontar Jumrah Aqabah pada Hari Raya ‘idul Adha. Wanita dalam hal ini sama dengan laki-laki, hanya saja tidak raml ( berlari kecil) waktu thawaf maupun sa’i.

(Sumber: Tafsir Al-Usyr Al-Akhir dari Al-Qur’an Al-Karim).

Dari Jabir Ibnu Abdullah bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam menunaikan haji dan kami keluar bersamanya. Ketika kami sampai di Dzul Hulaifah, Asma’ binti Umais melahirkan, lalu beliau bersabda: “Mandilah dan bercawatlah dengan kain, lalu berihramlah”, dan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam sholat di masjid, kemudian naik unta Qoshwa (julukan unta Nabi). Ketika tiba di Baida’ beliau bertalbiyah dengan kalimat Tauhid: (artinya = Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu. Segala puji, nikmat dan kerajaan hanya milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu). Ketika kami sampai di Ka’bah, beliau menuju Hajar Aswad, lalu thowaf dengan berlari-lari kecil tiga kali dan berjalan empat kali. Kemudian beliau datang ke maqam Ibrahim dan sholat. Setelah itu beliau kembali lagi ke Hajar Aswad dan menjamahnya. Lalu beliau keluar dari pintu menuju Shofa. Ketika sudah mendekat Shofa, beliau membaca: “(Artinya = Sesungguhnya Shofa dan Marwa adalah termasuk syiar agama Allah), aku mulai dengan apa yang dimulai oleh Allah.” Lalu beliau menaiki puncak Shofa sehingga dapat melihat Ka’bah. Kemudian beliau menghadap Ka’bah, lalu membaca kalimat Tauhid dan Takbir, dan mengucapkan: “(artinya = Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, yang menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya, dan menghancurkan golongan-golongan musuh sendirian)”. Kemudian beliau berdoa seperti itu tiga kali, lalu turun ke Marwa. Ketika kedua kakinya menginjak tengah-tengah lembah, beliau berlari-lari kecil, dan ketika kami mendaki beliau berjalan biasa menuju Marwa. Beliau berbuat di Marwa sebagaimana yang beliau lakukan di Shofa. Kemudian perawi melanjutkan hadits dan didalamnya disebutkan: Tatkala tiba hari tarwiyah, mereka berangkat menuju Mina dan Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam menaiki kendaraannya. Di tempat itu (Mina) beliau sholat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ dan Shubuh. Kemudian beliau berhenti sejenak hingga matahari terbit, lalu beliau berangkat menuju Arafah, dan beliau telah mendapatkan kemahnya telah dipasang di Namirah. Beliau singgah di tempat tersebut. Ketika matahari tergelincir, beliau menyuruh agar disiapkan unta Qoshwanya dan disiapkanlah unta tersebut untuknya. Beliau ke tengah lembah dan berkhutbah di tengah-tengah manusia. setelah adzan dan qomat beliau sholat Dhuhur. Kemudian qomat dan sholat Ashar, dan beliau tidak melakukan sholat apapun antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan menuju tempat wuquf. Beliau merapatkan perut untanya ke batu-batu besar. Beliau berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat. Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, awan kuning mulai menghilang dan bola matahari telah benar-benar lenyap, lalu beliau bertolak. Beliau mengencangkan kendali untanya hingga kepala unta itu menyentuh tempat duduk kendaraan. Beliau memberi isyarat dengan tangan kanannya sambil bersabda: “Wahai sekalian manusia, tenanglah, tenanglah.” Beliau mengendorkan tali untanya sedikit demi sedikit sehingga unta itu dapat berjalan mendaki. Setibanya di Mudzalifah beliau sholat Maghrib dan Isya’ dengan sekali adzan dan dua kali qomat. Beliau tidak membaca tasbih apapun antara keduanya. Kemudian beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau sholat Shubuh tatkala waktu Shubuh sudah tampak jelas dengan adzan dan qomat. Kemudian berangkat dengan kendaraannya, dan ketika sampai di Masy’aril Haram beliau menghadap kiblat, lalu membaca doa, takbir, dan tahlil. Beliau tetap berada di situ hingga terang benderang, lalu beliau bertolah sebelum matahari terbit. Ketika tiba di lembah Muhassir beliau mempercepat kendaraannya sedikit dan memilih jalan tengah yang keluar menuju ke tempat Jumrah Kubra. Setibanya di Jumrah dekat pohon beliau melempar tujuh kali lemparan batu-batu kecil, setiap biji batu sebesar kelingking. Beliau melempar dari tengah-tengah lembah itu. Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan dan berkurban di tempat tersebut. Lalu menaiki kendaraan menuju Baitullah untuk melakukan thawaf ifadlah dan sholat Dhuhur di Mekkah. Diriwayatkan oleh Muslim dengan panjang.

(Sumber: Bulughul Maram)

Berihram untuk haji dan umrah: di sini ….

Facebook Comments