Lebah adalah serangga kecil yang seringkali terlupakan. Lebah merupakan binatang yang diberi ilham dan kemampuan lebih untuk hidup. Ia tidak merasa sulit mencari padang rumput meskipun sukar dilalui, dan tidak akan tersesat jika pulang kembali meskipun telah menempuh perjalanan jauh karena telah dimudahkan Allah.  Hal ini menunjukkan sempurnanya perhatian dan kelembutan Allah Ta’ala kepada hamba-hamba-Nya. Oleh karena itu, tidak ada yang berhak diberikan kecintaan dan ibadah selain Dia. Untuk memikirkan ciptaan Allah, seperti memikirkan lebah yang kecil tersebut. Mari mempelajari Kehidupan dari Lebah. Allah SWT berfirman:

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Artinya, “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia.” (QS. An Nahl : 68)

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya, “Kemudian makanlah dari tiap-tiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan . Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An Nahl : 69)

Pada lebah benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan. Banyak pembelajaran yang dapat kita contoh dari lebah.

imagesLebah termasuk hewan yang rajin. Lebah selalu bangun pagi kemudian langsung bekerja, terbang memenuhi amanah Allah untuk mencari makanan yang bersih dan terbaik, berupa sari madu bunga yang sangat berguna bagi kesehatan dan vitalitas. Kemudian pulang dengan membawa sari bunga atau buah-buahan. Kalau lebah tidak menemukan bunga di tempat terdekat, maka lebah bisa terbang jauh ke gunung-gunung dan hutan untuk mencari bunga.

Lebah merupakan binatang yang sangat disiplin. Lebah yang bertugas di rumah membersihkan sarang dan menatanya dengan telilti. Lebah ratu rajin memproduksi telur-telur dan lebah yang mencari makanan rajin bekerja mencari makanan.

Lebah tak pernah merusak. Setiap bunga yang dihinggapi lebah tidak pernah dirusaknya. Bahkan lebah membantu proses penyerbukan bunga sehingga dapat berbuah.

Lebah tinggal di tempat yang bersih dan makan yang bersih. Sarang lebah selalu bersih dari kotoran, bakteri, dan virus. Lebah adalah hewan yang pembersih.

Lebah sangat bermanfaat untuk menghasilkan madu yang bisa menjadi obat mujarab bagi manusia. Warna madu bermacam-macam bergantung dari sari bunga yang diserapnya. Mungkin ini akan lebih mengena menjadi pembelajaran di daerah yang banyak peternakan lebah. Kalau musim bunga kopi, maka madunya berwarna agak gelap. Kalau musim bunga kelengkeng, maka madunya berubah lebih manis. Kalau musim bunga randu warnanya agak terang dan sedikit ada rasa asam yang manis.

Lebah adalah binatang yang setia kawan. Jika ada yang mengganggu salah satu lebah, maka lebah yang lain akan membantu dengan sengatnya.

Dengan demikian, pembelajaran yang kita peroleh: menjadi apa pun kita, maka akan menjadi yang terbaik. Apa pun peran dan fungsi kita, maka segala yang dilakukan adalah hal-hal yang membuat orang lain dan lingkungan menjadi indah, menyenangkan, dan bahagia.

Semoga.

(Sumber: QS. An Nahl : 68-69 dan Belajar Budi Pekerti dari Lebah)

Facebook Comments