Hal-hal yang Harus Diperhatikan ketika Bersekolah

0
237

Kitab Akhlaqul Banein karangan Umar Baradja memberikan penjelasan mengenai sikap/ Sopan Santun sebelum pergi ke sekolah, selama dalam perjalanan dan bagaimana cara memelihara alat-alat sekolah. Ini merupakan Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bersekolah.  Berikut adalah nasihat-nasihatnya.

Sebelum Pergi ke Sekolah

  1. Setiap murid haruslah selalu menyukai ketertiban dan kebersihan. Ia harus bangun dari tidurnya setiap pagi pada awal waktunya, lalu mandi dengan sabun, kemudian berwudhu dan shalat shubuh berjama’ah. Selesai shalat ia harus menjabat tangan kedua orang tuanya. Kemudian memakai pakaian sekolah yang bersih dan rapi. Kemudian melihat pelajaran-pelajaran yang telah dibacanya sebelum tidur.
  2. Sesudah makan pagi, ia harus mengatur alat-alatnya di dalam tas. Kemudian meminta izin kedua orang tuanya untuk pergi ke sekolah.

Sopan Santun dalam Berjalan

  1. Seorang murid patutlah berjalan dengan lurus. Ia tidak boleh menoleh ke kanan dan ke kiri tanpa keperluan. Ia tidak boleh bertingkah dengan gerakan yang tidak pantas. Ia tidak patut berjalan dengan terlampau cepat dan tidak boleh berjalan lambat. Ia tidak boleh makan atau bernyanyi ataupun membaca kitabnya sambil berjalan.
  2. Ia harus menghindari lumpur dan kotoran agar tidak jatuh atau kotor bajunya. Ia harus menghindari jalanan yang sempit dan penuh sesak agar tidak bertabrakan dengan seseorang atau kehilangan sesuatu alatnya. Ia tidak boleh berhenti di jalan untuk mencampuri urusan orang lain atau menghentikan salah seorang temanya, supaya tidak terlambat dari waktu sekolah yang telah ditentukan.
  3. Ia tidak boleh bergurau apabila berjalan bersama teman-temanya dan tidak boleh mengeraskan suaranya ketika berbicara atau tertawa, dan tidak boleh mengejek seseorang. Semua itu buruk sekali dan tidak pantas bagi seorang murid yang berpendidikan.
  4. Ia tidak boleh lupa mengucapkan salam kepada siapapun yang ia jumpai di jalan, khususnya bila orang itu adalah ayah atau gurunya.

Cara Memelihara Alat-alatnya

Setiap murid haruslah memelihara alat-alatnya dengan mengatur semua di tempatnya agar tidak rusak atau hilang ataupun kotor. Jika ia tidak mengaturnya, tentu ia akan susah kalau menghendaki sesuatu daripadanya. Waktunya akan habis untuk mencari. Patutlah ia memberi sampul kitab-kitabnya dan buku-buku tulisnya agar tidak robek atau kotor. Hendaklah ia waspada untuk tidak menjilat jari-jarinya, jika ia ingin membolak balik kertas-kertas kitab dan buku tulisnya, karena hal itu adalah kebiasaan buruk, bertentangan dengan sopan santun dan membahayakan kesehatan.

Seorang murid harus pula memelihara pensilnya agar tidak jatuh dan patah. Jika ia ingin meruncingkannya, janganlah ia meruncingkannya di bangku atau lantai ataupun dengan sampul buku tulisnya dan kitabnya. Akan tetapi ia harus memakai alat peruncing/peraut. Janganlah ia menghisap pena dengan kedua bibirnya atau menghapus tulisannya dengan air ludahnya, tetapi dengan alat pengahapus. Janganlah ia mengeringkan tinta dengan bajunya, tetapi hendaklah ia menggunakan kain pengering.

Sebagaimana seorang murid harus memelihara alat-alat belajarnya, ia pun harus memelihara alat-alat sekolah dengan tidak merusak atau mengotori bangku-bangku dan meja serta kursi-kursi. Hendaklah ia tidak menulis di atas dinding-dinding sekolah dan pintu-pintunya, serta tidak memecahkan kaca-kacanya.

Hendaklah ia tidak mengotori lantai dengan meludah atau membuang ingus di atasnya ataupun membuang bekas rautan pensil yang diruncingkan dan potongan-potongan kertas di atasnya. Akan tetapi hendaklah ia membuangnya di dalam keranjang khusus. Hendaklah ia tidak mempermnainkan bel sekolah dan tidak menulis di papan tulisnya atau merusakkan penghapusnya.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

.

««««« baca juga «««««

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here