RPP Bahasa Indonesia K13 Edisi Revisi

38
13235

Di bawah ini bisa di klik RPP Bahasa Indonesia Kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan K13 yang dilaksanakan oleh Direktorat PSMP pada tahun 2015, masalah utama yang dihadapi oleh para guru dalam pelaksanaan K13 adalah dalam menyusun RPP, mendesain instrumen penilaian, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian, dan mengolah dan melaporkan hasil penilaian.

Permasalahan yang dikemukakan oleh Direktorat PSMP tersebut bukan tanpa alasan. Setiap perubahan kurikulum selalu diiringi dengan beberapa perubahan dalam penyusunan RPP. Salah satu contoh, dalam penyusunan RPP kurikulum-kurikulum sebelumnya untuk materi remedial, materi pengayaan, kegiatan pembelajaran remedial dan pengayaan tidak perlu dirumuskan dalam RPP. Untuk kurikum 2013 edisi revisi 2016 format tersebut perlu dirumuskan.

Pada postingan ini, saya mencoba menyusun RPP Bahasa Indonesia untuk kelas VII SMP/MTs. yang mengacu pada silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Sumber yang digunakan adalah: (1) Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (2) Permendikbud 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. (3) KI dan KD SMP K13 tahun 2017. (4) Silabus Mata Pelajaran K13 tahun 2017. (5) Buku Peserta didik dan Buku Guru Kelas VII (Kemdikbud, 2017). (6) Panduan Penguatan Proses Pembelajaran (Dit. PSMP, 2014)

Saya menyadari, bahwa dalam penyusunan RPP ini masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Keterbatasan pemahaman-pemahaman, seperti dalam membuat postingan tabel dan yang lainnya membuat RPP ini perlu diedit kembali, disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran. Semoga saja untuk masa yang akan datang, sesuai dengan bertambahnya usia web ini dapat memudahkan dan dapat membantu tugas-tugas kita.

Saya merasa senang dan berterima kasih, andai rekan-rekan dapat mengunjungi RPP berikut!

Silahkan klik :

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Semester 1 Mulai dari sini ….
RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Semester 2 Mulai dari sini ….

Di bagian bawah Rumusan setiap RPP saya pandu dengan link yang dapat menghubungkan dengan RPP berikutnya.

Barangkali di lapangan ada yang memerlukan pengembangan soal, materi dan kunci jawabannya, Sebagiannya sudah dilengkapi dalam kategori yang ditunjuk link.

Dan untuk materi kebahasaan, bisa dikunjungi di sini ……
Bank Soal : di sini ….
Telaah komponen RPP menurut Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 dan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016: di sini ….
Contoh RPP sesuai Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014: di sini ....
Program Tahunan: di sini ….
Program Semester, Agenda Harian Guru, Penentuan nilai KKM, Rubrik Penilaian : di sini ….
Perhitungan Alokasi Waktu
Silabus : di sini ….

Demikian, semoga ada manfaatnya.

38 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas kunjungan agan-agan. Salam sahabat… Semoga Allah memberkati kita semua! Insya Allah gan … perangkat pembelajaran ini bisa digunakan sebagai pedoman awal dalam pembelajaran di sekolah saya yang baru menerapkannya. Memang belum sempurna dan masih perlu pengembangan, tetapi format dan kontennya bisa dibandingkan dengan Permen tersebut dan LK 5 Penyusunan RPP pada Bimbingan Teknis Guru Sasaran Penerapan K13.

  2. Terima kasih atas atensi agan. Insya Allah, saya bercita-cita suatu saat nanti, web. ini dapat memberikan sedikit referensi bukan saja sebagai arsip pribadi. Tetapi lebih bersyukur bisa berkiprah lebih luas lagi. Semoga!

  3. Kok tdk ada tujuan dan metode yg digunakan ya Pak?
    Sabtu lalu saya ikut pelatihan utk on in on skrg rpp wajib ada tujuan dan metode yg digunakan. Bapak ada rencana penilaian?

  4. Alhamdulillah, sungguh di luar dugaan ternyata web. ini mendapatkan tanggapan yang menggembirakan dan menjadi motivasi tersendiri bagi saya. Tidak ada kata, kecuali terima kasih kepada semuanya.
    Setelah saya berdiskusi dengan beberapa orang teman tentang LK dan hal-hal penyusunan RPP K-13 dan sedikit refleksi pembelajaran. Didapat kesimpulan, saya bermaksud menyusun RPP Siklus 2 atau merevisi yang sudah dipostingkan, sambil belajar mencari format terbaik. Insya Allah. Semoga ….

  5. terimakasih bos admin, sudah banyak membantu, tanpa iklan lagi.
    jarang orang update blog berkelas seperti ini.
    semoga barokah bos blognya
    terimakasih

  6. Rpp sangat membantu teman-teman seprofesi guru. Saya yakin bapak ibu guru yang lain sudah mencoba membuatnya tetapi kadang tidak yakin dengan hasil karyanya. Barangkali mental kolonialisme masih mewarnai mainsetnya termasuk aku hehe…. Tapi, aku salud sama bapak yang cukup baik memberi inspirasi dengan karya-karyanya , paling tidak memberikan wacana perbandingan sehingga bisa menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada. Selamat bekerja semoga sukses semoga Alloh selalu membimbing bapak ke jalan yang benar. AMin.yang

  7. Amin. Terima kasih teman. He… hal yang sama saya pun sering merasakannya. Tetapi seiring dengan itu pula dorongan hati, saya harus mencobanya walau dengan segudang kekurangan. Dan dengan segala kekurangan itu pula, saya bermaksud mengganti RPP yang sudah dipostingkan ini dengan RPP yang memuat Tujuan Pembelajaran dengan mengusahakan ada gambaran rumusan ABCDnya. dan dengan langkah-lngkah pembelajaran yang menggunakan pendekatan sesuai Permen Nomor 103 Tahun 2014. Semoga bisa selesai secepatnya. Namun ma’af, belum cukup ilmu bagi saya dalam hal mempostingkan dan yang lainnya. Dan semoga juga lebih bisa mendekati kepada harapan K13.

  8. Oke Pak saya doakan. Pendalaman konsep pendekatan, metode, dan teknik sebaiknya ditambahkan sedikit walaupun masih membutuhkan energi lagi tetapi kalaupun tidak, juga tidak masalah. karena, RPP yang bapak buat sebenarnya metode saintifik sudah tampak walaupun tidak tersurat kata “metode”. Maaf kalau kelewatan sarannya. Udah master masih digurui dasar guru copipaste.

    • Alhamdulillah, Tak dibayangkan sebelumnya ternyata ini bisa menjalin silaturahmi. Semoga Allah memuliakan dan meninggikan derajat kita semua. Terima kasih atas masukannya. Selain itu, saya berpikir dan punya konsep, untuk beberapa tujuan pembelajaran yang sesuai, bisa ditambahkan kalimat yang berwawasan lingkungan atau berbudaya lingkungan. Hal ini dalam rangka menyukseskan program menuju sekolah adiwiyata. Andai pun dalam postingan ini belum sempat merevisinya. Mudah-mudahan ketika diprint out bisa melengkapinya dengan beberapa bagian tersebut.

    • RPP yang telah dipostingkan sudah berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. RPP K13 Edisi Revisi 2016 yang terbaru ketika itu. Tetapi sekarang, sepertinya kita mendapat tantangan baru bahwa model RPP dan Silabus yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, ada sedikit perubahan format. Semoga kita diberi kesempatan dan kemampuan untuk menyesuaikannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here