Teks deskripsi disusun oleh beberapa bagian yang menjadi strukturnya. Bagian-bagian tersebut mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Bagian identifikasi merupakan penentu identitas seseorang, benda, tempat, peristiwa, dan sebagainya.

Kalau mendeskripsikan seseorang, maka pada bagian identifikasi berisi nama orang, makna sebuah nama dan identitas lainnya.

Misalnya:

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit  ayahku  kuning  langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak  besar.  Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Pada bagian tersebut disebutkan nama ayah dan identitas bentuk fisik seorang ayah. Bandingkan dengan paragrap bagian identifikasi berikut yang menyebutkan selain nama dan identitas fisik juga disebutkan makna dari suatu nama.

Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan   namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring.  Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Dan perhatikan paragraf bagian identifikasi berikut!

Kelinciku bernama Nobi. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Nobi memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Bagian identifikasi selain berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek, juga dimulai dengan kalimat yang mengandung kata penghubung: adalah, ialah, yaitu, merupakan, termasuk atau digolongkan. Perhatikan paragrap berikut!

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak  sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.

Dan paragraf berikut pun merupakan paragrap bagian identifikasi.

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang.  Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Demikian, semoga dengan memperhatikan contoh-contoh paragrap bagian identifikasi di atas, kita dapat mendeskripsikan suatu objek berdasarkan struktur yang membangun sebuah teks deskripsi.

 

Deskripsi Bagian pada Teks Deskripsi: Di sini ….
Sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

Facebook Comments