Ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa diantaranya menggunakan kalimat rincian untuk mengongkretkan. Perhatikan beberapa kutipan paragrap berikut!

  1. Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa    Dia  sangat suka  membantu  orang  lain,  terutama  yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
  2. Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu  menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya  membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.
  3. Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras. Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. Tata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan. Pertunjukan awal melibatkan Monas sebagai latar. Monas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambar-gambar indah sebagai latar cerita.
  4. Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat. Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis. Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana.

Mencermati kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan) pada teks di atas.

Kalimat Kalimat perincian untuk

Menjelaskan

Ibuku orang yang sangat baik

 

Dia berusaha menolong semua orang.

Dia ramah dan tutur katanya lembut

kepada siapa saja

Ayahku orang yang sabar Wajahnya teduh dan selalu  tersenyum menghadapi masalah apa pun.

Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak.

Beliau selalu  menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.

Jika melihat anaknya  membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Dimulainya pertunjukkan pada pukul 20.00 Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas.

Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras.

Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona.

Tata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan.

Pertunjukan awal melibatkan Monas sebagai latar.

Monas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambar-gambar indah sebagai latar cerita.

Penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat.

Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis.

Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu.

Musik menggetarkan suasana.

Koral di laut Karimun Jawa beraneka bentuk dan warna sehingga membentuk pemandangan yang begitu indah.

 

Rangkaian koral di laut Karimun Jawa berbagai bentuk dan beraneka warna.

Ada koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari.

Begitu elok koral-koral itu. Di sisi lain ada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak biru dan hijau. Keindahan koral lebih lengkap dengan ikan-ikan kecil berwarna oranye di atasnya. Luar biasa indah seperti lukisan dengan warna yang kontras.

Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat dan krem sungguh mirip jamur sesungguhnya.

 

 

Penulisan Kata Berimbuhan: Di sini ….

Sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

Facebook Comments
style type="text/css"> #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children > a { background-color: transparent; position: relative; } #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children > a:after { font-family: 'ETmodules'; text-align: center; speak: none; font-weight: normal; font-variant: normal; text-transform: none; -webkit-font-smoothing: antialiased; position: absolute; } #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children > a:after { font-size: 16px; content: '\4c'; top: 13px; right: 10px; } #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children.visible > a:after { content: '\4d'; } #main-header .et_mobile_menu ul.sub-menu { display: none !important; visibility: hidden !important; transition: all 1.5s ease-in-out;} #main-header .et_mobile_menu .visible > ul.sub-menu { display: block !important; visibility: visible !important; }