Barang siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan sukses. Yakinlah dan niatkan bahwa kita ingin melatih kreativitas kita melalui fantasi. Berfantasi secara aktif bisa mengasah kreativitas. Semoga kamu bisa menjadi penulis hebat dan melahirkan cerita-cerita yang bagus. Untuk itu mari merencanakan menulis cerita fantasi. Ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Galilah ide dengan membuat fantasi dari topik lingkungan, kecanggihan teknologi, para pahlawan, atau topik lain yang menarik perhatianmu!
  2. Berfantasilah seakan-akan kamu mengembara pada 100 tahun yang akan datang dengan kecanggihan teknologi yang luar biasa atau kondisi lingkungan yang sudah sangat tercemar/ rusak. Atau juga kamu dapat menghadirkan tokoh sejarah bangsa yang kamu temui. Dapat juga kamu ciptakan dunia sendiri tentang kehancuran bumi pada 50 tahun yang akan datang. Dunia luar angkasa dapat juga menjadi sumber ide cerita fantasimu. Beragam dunia teknologi di masa depan, dunia luar angkasa, tokoh-tokoh sejarah dan sejarah masa lampau dapat kamu jadikan ide penulisanmu. Bahkan campuran beberapa zaman dapat kamu padukan dalam ceritamu.
  3. Tulislah tema yang akan kamu tulis dalam bentuk pernyataan!
  4. Tentukan latar!
  5. Tulislah deskripsi tokoh-tokoh dalam ceritamu!
  6. Buat sinopsis/ ringkasan cerita yang merupakan ringkasan kejadian dari awal sampai akhir cerita!

Mengembangkan produk

Kembangkan tiap bagian sehingga menjadi cerita fantasi yang menarik!

Memberi judul yang menarik

Berilah judul yang menarik dari cerita yang kamu buat!

Menelaah untuk Merevisi

Telaah hasil tulisanmu dengan panduan yang disiapkan gurumu atau menggunakan panduan yang ada pada buku ini! Minta masukan pada teman dan gurumu!

Memublikasikan

Pajang hasil karyamu di majalah dinding atau unggah di media sosial. Hias dengan kata dan gambar yang menarik. Jadikan kumpulan cerita fantasi siswa di kelasmu atau dibukukan sendiri-sendiri dan diberikan perpustakaan sekolahmu sebagai koleksi. Lakukan pameran untuk menampilkan karya-karyamu. Gurumu akan memandu pameran karyamu dan tiap siswa wajib membaca minimal dua karya siswa lain dan memberi komentar serta penghargaan.

 

Lingkup Materi Cerita Fantasi: Di sini ….
Buku sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

Facebook Comments

Share This Article