Kali ini kita akan menginventarisir bentukan kata berimbuhan me-N dari teks deskripsi berjudul Pesona Pantai Senggigi. Setelah selesai membaca teks berikut, identifikasi kata-kata berimbuhan me-N dan tulislah proses pembentukannya!

Bacalah teks berikut! Semoga dengan banyak membaca semakin bertambah ilmu dan bertambah pula keberkahan!

Pesona Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang.  Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang  segar.            Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.

Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih     terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak   berwarna-warni   sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut  Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan  pemandangan bawah laut yang   mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut  yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah  keindahan taman laut di Senggigi.

Selain pemandangan bawah laut,  terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi,  terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya.  Sungguh  sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura  ini, Anda langsung  disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan  seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan menuruni anak  tangga.  Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung  Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para  pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain  itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Dikutip dari: Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

 

Kata berimbuhan me-N yang terdapat dalam teks deskripsi di atas adalah:
Bentukan Kata Proses Pembentukan
merupakan

menakjubkan

menjadi

memasuki

mengelus

membuat

menarik

memesona

menyuguhkan

memukau

menyaksikan

mengagumkan

menyaksikan

mempesonanya

menambah

memiliki

merangkul

memasuki

menuruni

menjulang

melihat

mencari

menceburkan

memandang

menjadi

menyenangkan

me + rupa + kan

me + takjub + kan

me + jadi

me + masuk + i

me + elus

me + buat

me + tarik

me + pesona

me + suguh + kan

me + pukau

me + saksi + kan

me + kagum + kan

me + saksi + kan

me + pesona + nya

me + tambah

me + milik + i

me + rangkul

me + masuk + i

me + turun + i

me + julang

me + lihat

me + cari

me + cebur + kan

me + pandang

me + jadi

me + senang + kan

Penulisan Kata Berawalan me-N yang Dirangkai dengan Kata yang Diawali dengan Huruf k, p, t, s
  • Fonem k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan sebagainya)
  • Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap (misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi,)
  • Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata berimbuhan yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: mempertaruhkan, memperluas)

 

Penggunaan Kata Depan: Di sini ….
Facebook Comments
style type="text/css"> #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children > a { background-color: transparent; position: relative; } #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children > a:after { font-family: 'ETmodules'; text-align: center; speak: none; font-weight: normal; font-variant: normal; text-transform: none; -webkit-font-smoothing: antialiased; position: absolute; } #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children > a:after { font-size: 16px; content: '\4c'; top: 13px; right: 10px; } #main-header .et_mobile_menu .menu-item-has-children.visible > a:after { content: '\4d'; } #main-header .et_mobile_menu ul.sub-menu { display: none !important; visibility: hidden !important; transition: all 1.5s ease-in-out;} #main-header .et_mobile_menu .visible > ul.sub-menu { display: block !important; visibility: visible !important; }