Sabtu, Oktober 19, 2019
Beranda Bahasa Indonesia Bersastra Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi

Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi

1
26934

Anak-anakku yang baik, gurumu pasti sudah menjelaskan tentang jenis-jenis cerita fantasi dan memandumu untuk mengidentifikasi jenis cerita fantasi tersebut. Namun tidak ada salahnya juga andaikan dalam postingan ini kita catat kembali jenis cerita fantasi tersebut.

Jenis Cerita Fantasi

Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata, cerita fantasi dibagi menjadi dua kategori yaitu:

  1.  Cerita fantasi total

2.  Cerita fantasi sebagian (irisan)

Sedangkan berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi dua kategori yaitu:

1.  Cerita fantasi sezaman

2.  Cerita fantasi lintas waktu

Cerita fantasi total berisi fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu. Pada cerita kategori ini semua yang terdapat pada cerita tidak terjadi dalam dunia nyata. Nama orang, nama objek, nama kota benar-benar rekaan pengarang.

Cerita fantasi irisan yaitu cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang ada dalam dunia nyata, atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata.

Cerita fantasi sezaman berarti latar yang digunakan satu masa (fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yang akan datang/ futuristik).

Cerita fantasi lintas waktu berarti cerita fantasi menggunakan dua latar waktu yang berbeda (misalnya, masa kini dengan zaman Belanda, atau masa kini dan 100 tahun mendatang/ futuristik).

Catatan tersebut dapat kita peroleh dari buku Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016. Dan jika gurumu menggunakan buku tersebut, maka di sana terdapat beberapa cerita yang di antaranya kami kutip untuk kepentingan beberapa soal yang mudah-mudahan dapat membantu kita dalam rangka implementasi program penilaian.

Baiklah, mari kita berlatih agar kita sukses dalam ulangan dan sukses dalam Ujian Nasional.

Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

Klik submit untuk mengetahui jumlah jawaban yang dijawab dengan benar!

Welcome to your Jenis Cerita Fantasi

Untuk menjawab 5 soal di bawah, bacalah ringkasan cerita berikut dengan seksama!


Seluruh pasukan Nataga sudah siap hari itu. Mereka akan berjuang hingga titik darah penghabisan untuk membela tanah air tercinta.


Saat yang ditunggu pun tiba. Mulai terlihat bayangan pasukan siluman serigala yang cukup banyak hendak keluar dari kabut dan mulai menginjak Pulau Tana Modo. Raut wajah mereka penuh dengan angkara murka dan kesombongan, disertai lolongan panjang saling bersahutan di bawah air hujan. Mereka tidak menyadari bahaya yang sudah mengepung.


Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Cukup banyak korban yang jatuh di pihak serigala karena lemparan bola api. Namun, pemimpin pasukan tiap kelompok serigala langsung mengatur kembali anak buahnya pada posisi siap menyerang. Mereka mulai bergerak maju, seolah hendak menelan binatang-binatang yang mengepung.


Nataga mendapatkan bisikan dari Dewi Kabut “Gunakan kekuatan ekormu, Nataga!”


Nataga segera melesat menyeret ekor birunya. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar. Nataga mengibaskan api pada ekornya yang keras dan serigala-serigala pun tak berdaya menghadapi kekuatan si ekor biru.


Selesai pertempuran Nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh panglima. Levo, Goros, Lamia, Sikka, dan Mora memandang Nataga dengan haru dan tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia.


Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata, cerita fantasi tersebut dapat dikategorikan ke dalam ….

Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi tersebut dapat dikategorikan ke dalam ….

Alasan yang menunjukkan bahwa cerita fantasi tersebut dikategorikan ke dalam cerita fantasi total adalah ….

Alasan yang menunjukkan bahwa cerita fantasi tersebut dikategorikan ke dalam cerita fantasi sezaman adalah ….

Bacalah kalimat berikut dengan cermat!


(1) Mereka akan berjuang hingga titik darah penghabisan untuk membela tanah air tercinta.


(2) Mulai terlihat bayangan pasukan siluman serigala yang cukup banyak hendak keluar dari kabut dan mulai menginjak Pulau Tana Modo.


(3) Raut wajah mereka penuh dengan angkara murka dan kesombongan


(4) Nataga segera melesat menyeret ekor birunya. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar.


Kalimat yang menunjukkan bahwa tokoh memiliki memiliki kesaktian pada kutipan tersebut adalah kalimat nomor ….

Untuk menjawab 5 soal di bawah, bacalah ringkasan cerita berikut dengan seksama!


Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian. Tetapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.


Anika ingin mencoba petualangan indah itu. Minggu pukul 6 dengan kesepakatan ketiga sahabatnya mereka berkumpul di rumah Anika untuk membuka kotak masing-masing sesuai dengan warna kesukaan.


Lima detik kemudian mereka terlempar di gerbang sebuah kerajaan. Mereka terkejut karena di hadapannya berdiri seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian.


Ratu mempunyai anak yang bernama Candy yang tertidur sejak dua tahun yang lalu dikarenakan ia memakai tiga kalung berlian sekaligus. Sang Ratu meminta tolong agar puterinya diselamatkan.


Cika dan Tamika membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya. Tetapi Anika mendesak agar menolong Candy.


Putri Candy pun sehat kembali dan Ratu berterima kasih kepada mereka sambil memberikan hadiah berlian dalam tas yang lumayan besar.


Cika dan Tamika tidak kuat mengangkat tas besar itu. sedangkan waktu tinggal 15 menit lagi.  Sampai kemudian Anika berteriak untuk segera meninggalkan tas itu.


Anika menarik kedua tangan sahabatnya untuk menyatukan ketiga kotak berlian tiga warna. Dan buuumm...! Mereka terlempar kembali ke atas tempat tidur Anika.


Ada kekesalan di hati Tamika dan Chika. Karena Anika telah menyia-nyiakan rejeki yang ada di depan mereka.


Anika memberikan pengertian bahwa mereka telah berhasil menolong orang dan dapat menyelamatkan diri. Untuk apa setumpuk berlian kalau riwayat mereka tamat. Anika menggenggam erat tangan sahabatnya. Tamika dan Chika menyambut erat genggaman tangan Anika. Ketiga sahabat itu saling merangkul.


Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata, cerita fantasi tersebut dapat dikategorikan ke dalam ….

Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi tersebut dapat dikategorikan ke dalam ….

Alasan yang menunjukkan bahwa cerita fantasi tersebut dikategorikan ke dalam cerita fantasi total adalah ….

Alasan yang menunjukkan bahwa cerita fantasi tersebut dikategorikan ke dalam cerita fantasi lintas waktu adalah ….

Bacalah kalimat berikut!


(1) Tetapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.


(2) Minggu pukul 6 dengan kesepakatan ketiga sahabatnya mereka berkumpul di rumah Anika.


(3) Lima detik kemudian mereka terlempar di gerbang sebuah kerajaan


(4) Dan buuumm...! Mereka terlempar kembali ke atas tempat tidur Anika.


Kalimat yang membuktikan bahwa cerita fantasi tersebut dikategorikan ke dalam cerita fantasi lintas waktu adalah kalimat nomor ….


.

.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

.

««««« berliterasi «««««                        ««««« kebahasaan «««««

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kecilnya/public_html/wp-includes/functions.php on line 3774