Cermati struktur teks prosedur tentang cara melakukan pekerjaan berikut!

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar Judul
pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat/ dilakukan/ dan motivasi

 

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.

Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

tujuan
berisi urutan langkah 1.         Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.

2.         Gosoklah telapak tangan secara perlalan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.

3.         Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.

4.         Gosoklak telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.

5.         Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.

6.         Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.

7.         Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.

8.         Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.

9.         Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai sampai benar-benar kering.

10.     Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga air berhenti mengalir.

langkah

 

penutup (bersifat pilihan, tidak wajib) Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat! penutup

Struktur teks prosedur tentang cara melakukan pekerjaan di atas adalah:

  1. Judul
  2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
  3. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
  4. Penutup

Tahapan biasanya dimulai dengan kata yang menunjukkan perintah: tambahkan, aduk, tiriskan, panaskan, dll.

 

Struktur Teks Prosedur: Di sini ….
Sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

(Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII)

Facebook Comments