Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surattdinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surattdinas bersifat resmi. Dalam menulis surattdinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surattdinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap.

Surat dinas berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi. Sebelum kamu mengetahui contoh surattdinas yang baik, terlebih dahulu kamu harus mengetahui struktur surattdinas. Pada dasarnya struktur surat dinas tidak jauh berbeda dengan surat pribadi.

Struktur surattdinas

  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Tanggal surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Paragraf penutup
  • Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
  • Nama dan tanda tangan penulis surat

Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surattdinas. Oleh sebab itulah, pada surat dinas ada kepala surat dan nomor surat.

Isi surattdinas berkaitan dengan topik kedinasan. Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/ instansi/ perusahaan, lamaran pekerjaan, surat permintaan izin tidak masuk, izin menggunakan tempat, dan sebagainya.

Bagian surattdinas

Surattdinas berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi. Sebelum kamu mengetahui contoh surat dinas yang baik, terlebih dahulu kamu harus mengetahui struktur surattdinas. Pada dasarnya struktur surattdinas tidak jauh berbeda dengan surat pribadi.

Bahasa yang digunakan dalam surattdinas, sebaiknya juga bersifat resmi yaitu penggunaan bahasa Indonesia baku ragam resmi. Ada sejumlah ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan permohonan maaf dengan bahasa resmi.

Surattdinas memiliki ciri kebahasaan yang resmi untuk mengungkapkan maksud penulisan surat.

Ciri penggunaan Bahasa pada SurattDinas

  • Pilihan kata sapaan bersifat formal
  • Bahasa ragam baku

Contoh surattdinas

 

PANITIA KEGIATAN PERKEMAHAMAN SABTU DAN MINGGU

(Persami)

PRAMUKA SMP MUTIARA HARAPAN 1 TUBAN

23 November 2015

No : 08/K/UKS

Lamp : 1 berkas

 

Yth. Wali Murid Sofia Nazila

Di Tuban

Hal: Permohonan izin

Dengan Hormat,

Dalam rangka upaya untuk lebih mengenal lingkungan pantai dan membantu pelestarian lingkungan, Pramuka SMP Mutiara Harapan 1 akan mengadakan perkemahaman Sabtu dan Minggu pada tanggal 5 s.d. 6 Desember 2015 di kawasan pantai Kelapa, Tuban. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan putra putrinya mengikuti kegiatan Persami tersebut. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan jadwal kegiatan.

Terima kasih atas perhatian dan izin Bapak dan Ibu.

Hormat kami,

Mengetahui,                                                                                Ketua Panitya,

 

Kepala Sekolah                                                                           Imam Mustaqim, M.Pd

 

 

Dari buku sumber:

Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII, Edisi Revisi 2016,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  2016.

Facebook Comments