Tadarus “Kecilnyaaku” adalah tadarus berdasarkan ayat-ayat yang  memiliki kesamaan materi. Kali ini ayat yang akan ditadarus yaitu, ayat-ayat yang menjelaskan tentang Buah-buahan yang disebutkan dalam Al-Qur’an, seperti: Buah Kurma, Buah Delima, Buah Tiin dan Zaitun dan Anggur.
Allah SWT berfirman:

بسم الله الرحمن الرحيم

وَالنَّخْلَ بَاسِقَاتٍ لَهَا طَلْعٌ نَضِيدٌ

Artinya, “Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun.” (QS. Qaaf : 10)
Buah delima

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

Artinya, “Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.” (QS.
Buah Tiin dan Buah Zaitun

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya, “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.” (QS. At Tiin : 1)
Anggur

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ

Artinya, “Perumpamaan jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (QS. Muhammad : 15)

يُسْقَوْنَ مِنْ رَحِيقٍ مَخْتُومٍ

Artinya, “Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya) .” (QS. Al Muthaffifiin : 25)
Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.
Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Amin.
Facebook Comments