Do’a Kepada yang Sedang Mencari Ilmu

0
249

Anak-anakku, yang sedang mencari ilmu. Sebentar lagi kalian akan menghadapi Ujian, baik Ujian Nasional maupun Ujian Kenaikan Kelas. Saya yakin kalian sudah siap. Ya harus katakan siap! Karena kalian sudah mengikuti pembelajaran dengan baik. Saya berdo’a :

   Semoga kalian diberi kesehatan

   Semoga kalian tidak datang terlambat ketika ujian berlangsung

   Semoga tidak ada perlengkapan ujian seperti patlot 2B, Kartu Ujian yang tertinggal

   Semoga diberi kemudahan dalam mengerjakan soal.

   Semoga Alloh menuntun kalian dan memberi petunjuk yang pada akhirnya memperoleh ilmu yang bermanfa’at.  Ingat! Bahwa ujian itu adalah belajar/mencari ilmu. Dan kita mencari ilmu adalah bukti pembaktian kita kepada Allah. Karena mencari ilmu itu perintah. Dan kita sedang melaksanakan perintah-Nya.

Mari simak sabda Rasulullah yang berkaitan dengan mencari ilmu:

“Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.: (HR. Ibnu Abdil Barr)

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia, maka wajib baginya memilki ilmu, dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barangsiapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu.” (HR. Turmudzi)

“Barangsiapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.” (HR. Turmudzi)

“Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga.” (HR. Turmudzi).

Dan Allah berfirman:

Semoga dengan Ujian yang akan dihadapi, dapat semakin tumbuh rasa takut dan taqwa kepada Allah. “Dan bertakwalah kepada Allah. Allah memberikan pengajaran kepadamu.” (QS. Al-Baqarah : 282).

Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al Quran itulah yang hak dari Tuhan-mu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus. (QS. Al Hajj : 54)

Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim. (QS. Al ‘Ankabuut : 49)

Maksudnya: ayat-ayat Al Quran itu terpelihara dalam dada dengan dihapal oleh banyak kaum muslimin turun temurun dan dipahami oleh mereka, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat mengubahnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Bandung, 30 April 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here